Tips Berpuasa untuk Anak Kecil

by - Mei 26, 2019

Belajar hal-hal yang baik hendaknya dilakukan sejak kecil. Termasuk belajar puasa. Ramadhan tahun ini usia Kecemut genap 3 tahun 5 bulan. Di usia ini, kami baru bisa mengenalkan arti puasa kepada Kecemut, ituoun arti secara sederhana. Karena ada keinginan untuk Kecemut dapat ikut belajar puasa, hari pertama puasa ramadhan, kami melakukan semacam observasi kecil-kecilan. 🙊


"Ibu, aku mau ikut sahur." Saat kami akan mengakhiri sahur, tiba-tiba Kecemut bangun dan minta ikut sahur. "Aku mau puasa, Bu." Tambahnya sambil mengulurkan kedua tangannya, minta dibangunin. Ada kebahagiaan tersendiri ketika dia minta untuk ikut berpuasa meski dia belum paham betul arti berpuasa. Aku pun langsung meng-IYA-kan permintaannya. Terpenting adalah respek, bukan? Perkara dia beneran mau puasa atau sekadar ingin, itu pikir belakangan.

Belajar dari saudara yang anak-anaknya sudah mulai puasa, ternyata orang tua musti punya kekuatan lebih untuk mendampingi anak-anak yang baru belajar berpuasa. Harus punya jurus jitu juga untuk menyemangati anak-anak. Nah, dari hasil sharing beberapa saudara, aku mendapat 3 tip berpuasa untuk anak kecil.

Beri Pujian dan atau Reward
Buat anak-anak yang sedang mulai belajar apapun, pada dasarnya dia belum tahu betul dan bekum paham tentang apa yang sedang dikerjakannya. Ada baiknya orang tua terus menuntun dan memberi tahu tentang apa yang sedang dikerjakannya supaya anak-anak makin paham dan punya semangat lebih.

Setelah mereka selesai belajar, dalam hal ini adalah berpuasa, orang tua harus lebih perhatian. Beri mereka pujian yang menyemangati untuk terus berpuasa. Tidak bermaksud untuk membiasakan diri untuk memanjakan, tapi supaya mereka lebih giat lagi dalam belajar. Sesekali boleh lahbdiberi reward kalau memang perlu. Yaaa...kan mereka tekah berhasil tidak minum dan tidak makan dalam kurun waktu yang ditentukan, masa iya orang tua tidak bangga. Aku yakin mereka juga merasakan berjuang, lho. 😉

Buat Menu Sahur dan Buka Kesukaan Anak
Ini masih terkait dengan semangat belajar untuk berpuasa. Dulu, saat aku masih kecil, rasanya makin semangat untuk berpuasa ketika Ibuku masak masakan kesukaanku. Dan ternyata hal ini terbawa sampai sekarang. Anak-anak makin semangat bangun sahur dan berbuka ketika tahu menu sahurnya adalah menu kesukaannya. Sebagai tambahan, sebelum memasak, ada baiknya orang tua menanyakan kepada anak-anak perihal menu sahur dan buka. Ini beguna banget untuk mengantisipasi kebosanan dengan menu makanan.

Buat Kegiatan yang Menyenangkan
Kunci utama supaya mood anak-anak tetap terjaga adalah komunikasi. Ajak mereka ngobrol, tanyakan juga apa yang membuatnya bahagia saat-saat berpuasa. Buat kegiatan yang sekiranya menyenangkan, baik di pagi hari maupun saat ngabuburit. Kegiatan ini bisa sedikit membantu menyamarkan rasa lapar dan dahaga saat berpuasa.

Ini tip yang sederhana dan sering diaplikasikan oleh orang tua. Kalau kamu punya tip berpuasa untuk anak kecil, boleh dong sharinh di kolom komentar. ❤

You May Also Like

0 komentar

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi