Apa, Sih, Penyebab Bau Mulut?

by - Mei 15, 2019

Penampilan yang sempurna akan terkalahkan ketika ada aroma yang tidak sedap keluar dari mulut dan terhirup oleh orang yang sedang menjadi lawan bicara. Oh, no! Kamu pernah merasakannya? Menghirup bau mulut atau mengeluarjan bau mulut, pernah ada di posisi mana? 🙈


Sederhana memang, hanya tentang (mungkin) kondisi mulut yang kurang bersih, gigi berlubang, atau gigi palsu dengan kualitas rendah. Namun ketika aroma tersebut sampai terhirup orang lain, rasa percaya diri pasti akan hilang. Apalagi jika yang di hadapan kalian adalah gebetan, bisa-bisa menjadi ill feel, ya. 🙊 Untuk itu, yuk kenali beberapa penyebab bau mulut.

Mulut yang kurang bersih.
Ada satu penyakit namanya Xerostomia. Aku tahu penyakit ini saat sedang periksa gigi. Xerostomia yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut. Keadaan seperti ini bisa menimbulkan sariawan, kemudian bau mulut karena mulut jarang bekerja. Makanya, ikuti anjuran untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari supaya terhindar bau mulut dan mulut pun bersih.

Gigi berlubang
Kondisi gigi berlubang perlu perhatian khusus. Selain tidak nyaman untuk mengunyah makan, gigi berlubang sangat berpotensi menyebabkan bau mulut. Maka dari itu, ketika sudah ada indikasi gigi sakit gigi entah karena gusi bengkak atau gigi berlubang, segera saja periksa ke Dokter Gigi.

Gigi Palsu
Selain gigi berlubang, ternyata gigi palsu juga menjadi salah satu penyebab bau mulut. FYI, sebelum mengganti atau menambal gigi, ada baiknya konfirmasi dahulu kepada Dokter tentang kualitas gigi palsu. Ya, gigi palsu ini ada kualitasnya, lho. Lebih aman mengganti gigi dengan harga yang mahal dikit untuk mengantisipasi bau mulut yang disebabkan oleh gigi palsu.

Meski kita tahu bahwa bau mulut orang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada minyak kasturi, namun lebih baik jika aroma mulut kita tidak mengganggu orang lain atau lawan bicara. Bukan begitu? 💃

You May Also Like

0 komentar

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi