Yey! Panci Presto Baru dan Cara Menggunakannya

by - Mei 16, 2019

Uhuuy...buat yang punya panci presto baru yang akan digunakan untuk memasak pas lebaran nanti, sudah siap memakainya, kan? Sebelum panci presto digunakan, ada baiknya kamu membaca buku manual yang ada di dalamnya. Biasanya, manual book itu berisi tentang keterangan produk, how to atau cara menggunakan panci presto. Hayo...kamu sudah membacanya belum? 😉


Dulu, waktu aku punya panci presto, tuh, tidak membaca buku manual. Sok pintar banget langsung pakai. Alhamdulillaah aman dan  hasil masakan sesuai dengan harapan. Tapi sebenarnya kurang baik, apalagi sampai menjadi kebiasaan. Maksudnya, kebiasaan untuk tidak membaca buku manual produk-produk yang telah dibeli. Padahal, di buku tersebut sudah tertera jelas dan detail tentang produknya. Namun budaya membaca memang kadang suka diabaikan. 🤣

Pertama punya barang baru, pasti suka bingung cara menggunakannya. Mulai dari menutup, membuka, atau "memainkan" tombol-tombolnya jika ada. Nah, berikut aku akan berbagi cara menggunakan panci presto:

Periksa Panci Presto Sebelum Digunakan
Tidak hanya panci presto, sebelum menggunakan peralatan memasak, hal pertama yang harus  diperhatikan adalah memeriksa peralatan masak tersebut supaya lebih nyaman dan aman saat digunakan nanti. Untuk panci presto sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum digunakan, diantaranya yaitu plak atau kotoran yang menempel pada dinding panci. Sebelum menggunakannya, pastikan panci harus bersih. Pastikan juga cincin karet dalam keadaan baik, harus paa dengan ukuran tutup panci.

Pastikan Panci Terisi Air
Takaran air panci presto memiliki takaran minimum. Sebelum menggunakannya, terlebih dahulu jumlah air menyesuaikan dengan apa yang akan dimasak. Sesuai takaran supaya hasil masakan bisa maksimal.

Perhatikan Waktu Memasak
Ini tentang kebiasaan. Satu hal yang harus diingat bahwa waktu masak menggunakan panci biasa, tuh, sangat berbeda dengan menggunakan panci presto. Memasak menggunakan panci presto biasanya akan lebih cepat ketimbang menggunakan panci biasa. Entah untuk masak ketupat atau daging, selalu perhatikan waktu masak, ya. Jangan sampai hasilnya tidak memuaskan padahal sudah menggunakan alat yang lebih canggih. 🙊
Kecilkan Api
Panci presto akan memberi isyarat seperti bunyi peluit ketika tekanan uap sudah tercapai. Artinya, tidak lama lagi makanan akan matang. Makanya, segera kecilkan api untuk mendapat hasil yang maksimal.

Jangan Buka Tutup Panci
Sebelum terdengar isyarat atau tanda masakan segera matang, jangan membuka turup panci hingha tekanan dari dalam panci dilepaskan. Dan setelah masakan matang, segera angkat dari kompor dan biarkan panci dingin. Ritual sebelum membuka tutup panci, biasanya aku membuka katup pengaman panci hingga uap habis. Cara ini dilakukan supaya panci presto awet!

Eeehhh...lebaran masih lama. Sudah pada beli panci presto belum? 🙊

You May Also Like

0 komentar

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi