Ketika Blogger Belajar di Kelas Growthing

by - September 18, 2020

Sampai tulisan ini terbit, rasanya masih tidak percaya jika saya sebagai Blogger dapat belajar di Kelas Growthing Blogger dan lolos sampai tahap ini. Ya gimana, kerjaan kantor lagi padat-padatnya dan itu banyak yang deadline! Harus lebih cerdas lagi dalam membagi waktu. Rasanya memang kocar-kacir sampai ngga bisa ngacir, tapi saya harus menjaga komitmen demi kinerja blog yang lebih baik. 😆😆 Eh, bukan hanya kinerja blog, tapi juga sebagai salah satu cara untuk upgrade ilmu seputar Blogging.

Kira-kira sudah dua tahun ini, saya tidak update dan juga upgrade ilmu yang berkaitan dengan blogging. Ngeblog ya ngeblog saja, sih. Ngapain harus repot mengikuti tiap perubahan yang terjadi dalam dunia blogging, khususnya algoritma google yang katanya selalu update. 🙈 Dih...Ibuk kenapa songong banget, ya. Iri rasanya sama Mbak Monica yang hampir tiap bulan, tuh, meluangkan waktu untuk upgrade ilmu menulis

belajar di kelas growthing tuh seru sendu karena banyak hal yang musti diketahui pada blogger

Yups, salut banget ketika melihat teman-teman Blogger, tuh, ngga merasa langsung puas dengan apa yang sudah didapat, dalam hal ini adalah ilmu dan lebih spesifik lagi adalah ilmu blogging. Saya termasuk Blogger yang berusa mengikuti zaman dan tren supaya ngga ketinggalan zaman. Sudah ikut kelas menulis, masih ingin ikut kelas menulis karena butuh. Apalagi kelas SEO, uuhh...butuh banget.

Pada era digital seperti sekarang ini, Blogger makin banyak dicari brand untuk diajak kerjasama. Katanya, sih. Kalau saya mah belum dilirik brand, lha wong kualitas blog saya saja masih memprihatinkan. Belum banyak pengunjung yang datang ke blog ini karena dari awal menulis di blog cerisfamily.com yaitu tahun 2015, saya belum bisa konsisten untuk update artikel. Pun sampai sekarang, terlalu banyak judul menumpuk di draft. 🤦‍♀️

Memang, saya yakin kerjasama dengan brand bukan menjadi tujuan utama  para Blogger. Ada yang menyebutkan bahwa itu bonus dari kegiatan blogging. Tapi, bagaimana dengan istilah monetize blog? Tentu saat ini makin banyak, dong, Blogger yang memanfaatkan blognya sebagai ladang mencari penghasilan. Bahkan bisa dijadikan sebagai penghasilan utama karena blog bisa menghasilkan uang asalkan yang punya blog konsisten dalam mengurus blognya. Ngga seperti saya. 🤟

Ketika Blogger Belajar di Kelas Growthing.

Harus Siap Mematuhi Aturan.

Sebelum kelas berlangsung, Mas Irwin sebagai coach yang kerap memberi tugas sekaligus mungkin ketua koordinator kelas menjelaskan, peraturan yang harus ditaati oleh seluruh Blogger yang gabung di kelas Blogging. Jika tidak mematuhi aturan, maka akan diberikan sanksi yang tak lain adalah kick-kuck atau dikeluarkan dari grup. Hahaha

Aturan di sini bukan aturan yang ribet. Artinya, hanya ada dua cara untuk bisa bertahan di kelas, yaitu mengerjakan tugas dan hasil pekerjaannya sesuai permintaan komandan. Kelas ini bukan sebuah instansi yang tiap bulannya memberikan kepastian berupa gaji, tapi mampu membuat Blogger disiplin tingkat dewa. Ini sungguh istimewa, bukan? 🤭😂  

Harus Siap Begadang.

Mama muda yang punya balita usia 3 bulan terus berjuang untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Sistem penyelesaian tugas ini dilakukan setelah dua hari pemberian materi. Misal materi disampaikan tanggal 17, maka deadline tanggal 19. Dan itu hanya sampai jam 20.00 WIB, bukan waktu 24 jam.

Tugas yang diberikan lumayan menguras apa saja yang bisa dikuras pada tubuh ini. Makanya, mulai esok hari sudah harus punya ide, eksekusi, dan tanam-tanam. 😂 Artinya, Blogger musti siap begadang jika jantung ingin tetap stabil, ngga dag dig dug karena berpacu dengan deadline. Hihihi.

Harus Siap dengan "Kejutan". 


Haaaaaah? Apaaaah? Kejutaan? Mauuuuuuuuu!

Setelah coach selesai memberikan materi, Blogger yang belajar di kelas growthing diberi tugas yang jumlahnya sedikit tapi banyak. Banyak, tapi hanya membuat 1 artikel. Sedikit, tapi harus memperbaharui 3 artikel lama dengan menerapkan apa yang telah dipelajari. Sungguh ini butuh perjuangan apalagi kalau melihat langkah demi langkah untuk penyempurnaan artikel menjadi SEO friendly. Alamakkk...pusing pala berbih.

Tugas sudah dikerjakan, hanya para coach dan Tuhan yang tahu tugas tersebut ada kesalahan atau semua benar. Jika benar, maka akan lanjut kelas berikutnya, namun jika salah maka akan dikick dari kelas yang selalu memacu adrenalin kami. Namun sebelum mengeluarkan member, mereka akan memberi tahu tugas bagian mana yang salah.

Terkejut itu ketika melihat group dan ternyata sudah banyak yang dikeluarkan karena tugas tidak memenuhi syarat. Miris syekali.

Siap Menerima Bonus!

Tugas kali ini, coach memberikan banyak bonus. Ketika ada pemberitahuan tentang bonus, para blogger yang lagi serius belajar banyak yang happy dan ada juga yang sibuk menerka-nerka bonusnya. 🤭 Jika tidak mengerjakan tugas atau ada kesalahan dalam mengerjakan tugas, maka satu Blogger akan menyeret dua teman lainnya untuk dikeluarkan. Sungguh ini bonus yang entah. Hahaha.

Lanjut bonus berlian! Saat ini para peserta kelas growthing diberi tugas untuk mengenal lebih dekat dua teman sesuai peraturan, kemudian ditulis dalam satu postingan. Seru juga, kan. Dan sekarang, saatnya saya mengenalkan dua teman saya yang sama-sama sedang belajar Blogging di Growthing ID.

Mengenal Sosok Blogger yang Belajar di Growthing ID.

blogger belajar di kelas grwothing ngga hanya belajar seo tapi juga belajar menulis dan mempromosikan tulisan, tapi belajar SEO

Traveling With Husband punya Mbak Ncus!

Dari judul blog, kelihatan asyique banget, ya. Piknik sama husband, kulineran sama suami dan produk-produk reviewnya bagus-bagus. Mbak Ncus bikin iri, lho. Hahaha.Hihihi.

Ini kali pertama saya mengenal Mbak Susie Ncus, Blogger asal Sumatera yang kini menetap di Kota Kembang, Bandung, Jawa Barat. Kalau kata Mbak Monic, dunia menulis itu sempit, apalagi dunia blogger. Ketemunya itu-itu saja. Tapi ngga berlaku di kelas growthing, kelas yang fokus memberikan materi SEO. Banyak teman yang baru saya kenal termasuk Mbak Ncus.

blog travelndate.com

Mampir di blognya Mbak Ncus, tuh, rapih dan bersih. Membaca beberapa tulisan review dan melihat hasil desainnya, kok, tambah yakin bahwa dunia blogging itu terus berkembang. Betapa Mbak Ncus ini telaten banget membuat desain grafis untuk tiap postingannya. Aku yakin, dengan penambahan grafis tersebut pasti menambah traffic.

Mbak Ncus ini jempolan banget, ngeblog dari tahun 2006 dengan niche travel dan sampai sekarang masih rajin update postingan. Salut! Dengan blognya yang menurut saya sudah ciamik banget, saya kepo dengan niatnya mengikuti kelas belajar growthing. Hahaha. Ternyata ya ternyata, Mbak Ncus ini pingin menjadi blogger profesional seperti coach-coach yang ada di Kelas Blogger. Makanya dia sangat serius dalam belajar SEO.

Mbak Luluk si Kopi Jagung.

Kopi Jagung sungguh judul blog yang unique. Ada gitu ya, ide kopi disandingkan dengan jagung. Biasanya kan Jagung Manis atau Kopi Hitam. Hahaha. Eiist...nama judul blog ini ternyata terkait dengan background Mbak Luluk yang dulunya belajar di Pertanian. Menariknya, nih, ternyata Mbak Lulik ini rela resign kerja karena mau fokus menulis dan berkebun. Sungguh keputusan yang ngga banyak diambil oleh banyak orang, yaa.

berkenalan dengan blogger kopijagung.com Blogger madura

Perempuan single asal Madura ini mulai ngeblog tahun 2019, tepatnya bulan Mei. Belum lama memang, tapi tulisannya renyah banget, nyaman dibaca. Dengan judul blog yang udah mencerminkan hasil kebun, cocok banget dengan misi Mbak Luluk untuk menjadikan blognya dengan niche pertanian. Ilmu yang dipelajadi di bangku kuliah sungguh bermanfaat, yaa.

Saat tahu bahwa Mbak Luluk, tuh, baru belajar SEO, saya jadi merasa tidak sendirian, dong. Hahaha. Dan saya setuju dengan Mbak Luluk yang mengatakan bahwa SEO ini termasuk seni menuis di Blog. Yaa...kalau aktivitas nulis ngga dibarengi SEO emang hambar rasanya, sih. 😉 

Sudah setengah bulan kelas berjalan. Ada yang gugur, tapi bukan bunga. _ini kata andalan banget di grup_. 😆 Belajar bareng-bareng, tuh, jadi semangat karena ada pembanding. Saya mengikuti kelas ini bukan serta merta pingin naikin Data Authority Blog, tapi lebih pada upgrade ilmu Blogging yang sangat dinamis, termasuk ilmu SEO. Banyak manfaat yang telah saya dapatkan dari kelas ini, salah satunya yaitu lebih perhatian dengan artikel-artikel yang sudah publish di blog. Meski kelas ini peraturannya rada militer, tapi nyaman banget dan betah berada di kelas ini. 

Doakan semoga saya bisa belajar di Kelas Growthing Blogger sampai akhir, ya. Karena materi-materi yang dibahas selalu menarik, apalagi tugas-tugasnya. Saya suka banget dengan tipe pemberian tugas semacam ini. Jadi semakin paham.

mengikuti kelas seo dengan biaya murah di growthing

Saya yang mengikuti kelas belajar SEO ini secara gratis, tuh, rasanya bukan seperti gratis alias remium karena para coachnya sangat bersahabat. Sebagai Blogger harus terus belajar karena ilmu di dunia digital ini selalu bertambah dan berubah. Ketika blogger belajar di Kelas Growthing, saya yakin banget ilmu akan bertambah dan makin kece badai!

Jadi, kalian yang mau belajar SEO, silakan join kelasnya Growthing ID dengan cara mengklik banner yang ada di atas, yaaa. Lihat bonusnya, DA 30+ apa ngga ngiler, tuhh? Hihihi.

You May Also Like

25 komentar

  1. Alhamduillah dong bisa lolos terus, semanbgat terus belajarnya & disiplin menjalankan tugas

    BalasHapus
  2. Blogny ambak Ncus nichenya traveling ya aku suka juga nih baca-baca postingannya

    BalasHapus
  3. Sekarang tugasnya gak cuma nulis ya jadi blogger harus belajar SEO juga harus bisa berkembang terus

    BalasHapus
  4. Memperbaruhi artikel lama ya jadinhya ini setelah buat 1 artikel baru

    BalasHapus
  5. Didoakan selalu lanjut ya kelasnya gak kena eliminasi di tengah jalan, semangat terus mbak untuk mencari ilmu

    BalasHapus
  6. Seru banget ngikutin kelas blogging gt, aku jadi pingin buka blog lagi. Serius, jd terindpirasi lg bust nulis de

    BalasHapus
  7. Wuah seru banget kayaknya ya belajar di kelas Growthing ini, pasti banyak ilmu baru yang didapat. Tapi harus siap dengan deadline2 nya ya hehe. Semoga lanjut sampai akhir ya Idah.

    BalasHapus
  8. PR bgt nih mbak aku belajar SEO masih proses bgt untuk lebih belajar mengenai hal ini. Padahal ngeblog udh lama tapi baru belajar SEO baru-baru ini. Gak ada kata telat sih... Semangat belajar kelas growthing mbak Idah

    BalasHapus
  9. Waaah kenapa semakin seru gini mengenal dua teman Blogger lain..
    Saya jadi sedih nggak bisa sampai tahap berikutnya gara-gara salah kemarin. Hiks..

    Eman ilmunya.. Masih ingin menyerap ilmu blogging jugaa.. Hiks. Semoga ada rezeki bisa ikut kelas berbayarnya, beneran sih kelasnya keren.

    BalasHapus
  10. Ngeri2 sedap kejutan2nya yaaa. Memacu adrenalin bgttt. Kelas yg tidak biasa inii

    BalasHapus
  11. Wuuaaaahh...kelasnya seruu, yang kayak gini bikin para member serius mengikuti kelas sih, semoga bisa bertahan sampai akhir, Bud

    BalasHapus
  12. Jadi penasaran ihhh! Semangat buuund, nanti tularin aku juga, hahaha!

    BalasHapus
  13. Seru banget! Jadi pengen semangat lagi buat ngeblog nih

    BalasHapus
  14. Mantaaap lah kalau bunda Idah hehehe. Semangaaaat terus memperbaiki blog ya.. aku masih sama - sama ajaa hihi. Nanti minta ajarin Idaah deeh

    BalasHapus
  15. Kebayang sibuknya kamu eh tetep bisa ikutan kelas ya. Mantap sekali, Mbak. Setuju bahwa kita tetap harus update ilmu SEO dan temannya. Biar blog kita makin oke

    BalasHapus
  16. Emang ya tetep konsisten dan semangat menekuni pasion menulis hingga menghasilkan karya2 luar biasa

    BalasHapus
  17. Semangat terua Idah... senangnya yg loloa terus jadi ilmunya nambah terus

    BalasHapus
  18. Tiap malam sekarang hampir begadang terus ya buuuuu, semagnat untuk belajar SEOnya yaaaaa

    BalasHapus
  19. Ilmu it Mahal beruntung bisa ikutan kelasnya, bakalan dishare di postingan blog ya

    BalasHapus
  20. Ternyata ngeblog itu banyak yang harus dipelajari ya ga cuma soal nulis aja

    BalasHapus
  21. Masih aktif ngeblog ya hebat sampai sekarang.
    Tambah ilmu soal seo juga

    BalasHapus
  22. Wuih ajib ya kalau dengan kelas SEO ini, bisa DA 30 mauuu..sukses ya Dah belajarnya...

    BalasHapus
  23. huaaaa, kereeenn, Mamak ini rela begadang demi menimba ilmu, salut.
    semoga lulus sampai finish ya Ibuk..
    saya juga lagi belajar SEO, mulai menerapkan sedikit demi sedikit, yang tadinya malas banget ngurusin SEO eehh ternyata emang wajib kalau mau blognya sehat dan bagus :)

    BalasHapus
  24. Pengen ikut juga bun kelas ini. Tapi belum sanggup kalau harus siap begadang 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  25. Semangat terus bundaaa wkwkwk. Aku juga lagi pengen belajar. Ini jadi bermanfaat deh buat aku yang pengen belajar growing blog juga

    BalasHapus

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.