Belajar SEO dari Dasar, Seru Banget!

by - September 15, 2020

Nekat menjadi modal awal ketika saya menerima pesan dari Mas Irwin, salah satu coach di Kelas Growth Blogger (KGB) yang paling gokil dan selalu sukses membuat peserta gemeteran ketika dia sudah mulai ngomongin kick-kick hotahai. Pesan yang berisi ketersediaan mengikuti kelas SEO ini dikirim melalui WhatsApp dan hanya diberi waktu 12 jam untuk menjawabnya; bersedia atau tidak bersedia untuk mengikuti kelas gratis tis tis tis tapi dapat ilmu melipah ruah. 💃

Saya bilang nekat karena kesempatan untuk penawaran ini mungkin tidak datang dua kali. Ketika saya menolaknya, tidak tahu kapan lagi akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas SEO tanpa biaya alias gratis. Yasudah, saya pun terus menumbuhkan niat dan komitmen supaya belajarnya semangat, nyaman, tanpa beban.

Ngga nyangka bisa belajar SEO yang diselenggarakan oleh growthing id

Kenapa Harus Belajar SEO (Search Engine Optimization).

Menjadi penuh pertimbangan ketika melihat beban kerja di kantor makin banyak, punya bayi yang usianya baru 3 bulan, belum lagi pekerjaan rumah dan kegiatan belajar dari rumah si Kecemut. Kalau dibayangkan, sudah pasti ruwet. Yups, keruwetan yang pertama kali terlintas yaitu akan keteter untuk manajemen waktu. Tapi karena mikirnya untuk jangka panjang, saya harus punya cara untuk menyiasatinya. Bagaimana caranya untuk bisa bagi waktu karena bagi saya belajar ilmu SEO itu suatu keharusan untuk saat ini.

Kenapa?

Karena saya ingin artikel-artikel yang telah ditulis di sini dapat muncul pada halaman pertama google. Artikel yang sebagian besar adalah curhatan seorang mama muda yang isinya lebih ke informasi parenting bisa menjadi rujukan mama-mama atau orang tua lain. Meski pada akhirnya jika isi artikel tersebut bagus, google akan menyarankan untuk masuk halaman utama, namun ada baiknya jika dari awal membuat artikel, tuh, sudah terarah dan terstruktur dengan baik secara SEO. Dan baru kali ini, saya merasakan bahwa belajar SEO dari dasar, tuh, seru banget. Apalagi dibimbing oleh tim Growthing ID, nano-nano!

Nah, berikut saya akan bagikan hasil belajar SEO yang kadang penuh drama, tapi tetap seruuu! 

Sebelum membuat artikel, baiknya Keyword Research  dulu, ya!

cara keyword research

Nulis mah nulis saja, ngapain pakai riset kata kunci segala. Ribet amat!

Adakah yang masih berpendapat seperti di atas? Sungguh eman-eman karena pada zaman serba digital seperti sekarang ini, tuh, apa-apa kudu ditarget, termasuk artikel yang ditulis di blog. 

Menurut Oppa Bahrul Ilmi, pria single yang mendampingi materi SEO On Page, tiap apa yang kita tulis itu punya tujuan. Ya ngapain kita nulis artikel tapi tidak tahu tujuan menulis, kan. Agaknya mustahil. Makanya, sebelum menulis suatu artikel, ada baiknya melakukan research keyword dengan kata yang akan dibidik atau menjadi tujuan supaya apa yang ditulis sesuai dengan apa yang dicari banyak orang melalui mesin pencari.

Oiya, untuk melakukan research keyword itu ada beberapa tools yang bisa digunakan, salah satunya yaitu Ubersuggest dari neilpatel.com. Kamu bisa melakukan keyword research di sana.

Sudah Research KW, Lanjut Menerapkan SEO On Page!


Cara membuat SEO On Page

Kamu pernah melihat related post yang ada dalam artikel? Itu adalah bagian dari teknik SEO On Page. Sepengetahuan dangkal saya, teknik ini digunakan untuk menguatkan artikel yang telah dibuat. Dan untuk teknik ini, penerapan inbound link minimal 3 link dan 1 eksternal link. 

SEO On Page ini sangat penting karena dapat meningkatkan alur artikel atau bisa bikin betah pengunjung yang datang ke blog kita jika related postnya menarik dan masih satu tema dengan artikel yang dibuat.Seperti artikel yang berjudul anak hanya mau makan nasi,di artikel tersebut saya menyisipkan artikel-artikel baik artikel terdahulu maupun artikel baru yang masih berkaitan dengan artikel tersebut.

Lanjut Belajar Membaca Data Google Analityc.

belajar membaca data google analitycs

Ternyata dunia Google Analitycs itu luas bangett! Saya kira hanya selebar daun kelor saja. Yups, saya tahunya baru sebatas digunakan untuk mengecek page view suatu artikel saja. Namun lebih dari itu.

Melalui Google Analitycs, kita dapat tahu pengunjung datang dari mana saja, rata-rata usia pengunjung, sampai dengan mengetahui artikel yang sering diklik atau artikel teratas blog. 

Banyak manfaat, bukan?

Jangan Lupa, Submit Artikel ke Google Search Console!

cara membaca google console

Setelah dari awal tahu tentang keyword atau kw yang akan digunakan pada artikel, selanjutnya untuk menjadikan artikel masuk dalam mesin pencari, kamu harus melakukan indeks melalui Google Console. Misalnya artikel saya tetang USG 4 Dimensi di Panti Nugroho. Pada artikel tersebut, saya menuliskan pengalaman USG, namun siapa sangka ternyata banyak orang yang mencari artikel tersebut dengan kata Biaya USG 4 Dimensi di Panti Nugroho.

Lho, kok bisa tahu?

Yuhuii...di google console, terdapat kueri yang dapat dipakai untuk menyempurnakan artikel sebelumnya. Yuhuii...ada manfaat lain yang lebih dari Google Console yaitu mengetahui kueri atau kata yang tepat untuk digunakan dalam artikel setelah dipublish. Melalui google console, artikel bisa mengetahui kinerja blog dan juga artikel. Ini penting untuk tahu seberapa tinggi kualitas blog kita.

Eh, Cek Kesehatan Blog Juga Perlu. Yuk, Gunakan Meta SEO Inspector!

Meta SEO Inspector untuk cek kondisi Blog

Naah! Mengecek kesehatan blog ini sangat penting. Bagian ini menjadi sangat rumit da syusah bagi Blogger yang belum terbiasa menggunakan HTML karena segala bentuk perubahan, tuh, akan otak-atik html. Untuk tahu blog sudah tepat secara kaidah struktu SEO atau SEO Friendly, kamu bisa gunakan add on Meta SEO pada browser Google Chrome.

Materi tentang SEO On Page ini diberikan oleh Mas Bahrul Ilmi. Pemateri yang tentunya sudah expert banget dalam SEO. Saya memang belum lama kenal dengan Mas Bam, tapi entah ya, aura kebaikan, tuh, muncul pada tiap kata yang dia sampaikan melalui materi ketika kelas sedang berlangsung. Runuuuuut banget dan mudah dipahami. Saat menjawa soal pun, runuut dan sabar banget.

Belajar SEO

FYI, KGB ini kelas Belajar SEO dari dasar yang diselenggarakan oleh Growthing ID. Keputusan yang awalnya dibilang nekat, alhamdulillaah berbuah manis, tidak ada kata sia-sia telah mengikuti kelas sampai tahap ini karena tim dari Growthing ID, selain Mas Irwin dan Mas Baim, ada juga Mas Pewe memberikan pendampingan yang oke banget padahal kelas ini GRATIS.

Gimana kalau ngga gratis cobaaa?

Yups, udah pasti tambah greget ngikutin kelasnya dan pendampingannya juga akan tambah maksimal karena sudah dipastikan pesertanya terbatas. Seperti kelas Coaching SEO yang akan digelar bulan depan. Yups, selain mendapatkan materi yang pasti bermanfaat banget untuk kinerja blog, Coach akan memberikan bonus DA 30+ dan DR 50+. Yaa...am...punn.! Ngiler pastinya.
Coach yang hobi bikin peserta 

Saya merekomendasikan kamu untuk ikut kelas SEO yang diadakan Growthing ID karena belajar SEO dari dasar, seru banget!

You May Also Like

1 komentar

  1. Seru banget ya bisa dapet kesempatan belajar seo dari dasar, selanjutnya tinggal dipraktikkan ya

    BalasHapus

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.