Demarinen, Demam Rindu pada Anak

by - Agustus 15, 2015

Nama lengkapnya Aqila Beril Nathania Ahmad. Kami memanggilanya Aqila. Dia adalah anak dari sepupuku. Aku kaget saat dia datang ke rumah bersama kedua orang tuanya. Matanya sayu, ngga ceria, dan badannya panas. Menurut orang tuanya, dia demarinen. Yups, demarinen pada anak kerap terjadi saat ada saudara yang hamil.

Sebelum menikah dan hamil, aku kerap mendengar istilah demarinen pada anak-anak. Demarinen ini istilah dari bahasa jawa yang bisa jadi artinya adalah demam rindu atau demam yang dikarenakan ada saudara dekat yang sedang mengandung. Melihat ekspresi wajahnya yang melas, aku pun langsung menggendongnya. Aku tanyakan ke dia, pingin dibelikan apa. Yaa...siapa tahu lagi pingin jajan, ya. Hihihi.

Ciri-ciri Anak Demarinen.

Naluri sok ke ibuan pun muncul. Melihat Aqila yang lemas tidak bergairah, aku minta izin ke Ibuknya untuk menggendongnya. Btw, katanya dia termasuk baby yang ogahan banget ikut orang lain. Kecuali orang yang sering dia jumpai.

Tapi, ngga tahu kenapa, saat aku mengulurkan tangan, dia mau kugendong, ku ajak jalan-jalan di sekitar rumah sampai dia bobok. Mungkin karena memang badannya ngga enak, anget. Batuk pilek juga. Kata orangtuanya, sih, demarinen. 
demarinen pada anak adalah kondisi anak kadang panas atau demam saat ada saudara hamil itu dimanakan demarinen. identifikasi terlebih dahlu ketika anak demarinen.
Iya, Demarinen atau Deman Rindu. Pernah ada yang dengar istilah ini, kan? Orang nJawa pasti tahu, ya. Kalau anak sedang sakit meriang, lebih dari dua hari, lalu ada saudara yang sedang hamil, orang tua cenderung mengajaknya ke rumah saudara yang sedang hamil ketimbang periksa ke dokter.

Tapi sebelumnya ini sudah dengan identifikasi. Artinya, anak rewel terus menerus, susah makan, maunya digendong terus. Ciri-cirinya hampir sama dengan anak yang sedang sakit, sih. Tapi, ini lebih ke manja. Hanya naluri Ibu yang tahu. Begitu, katanya. Hihihi.

Apakah demarinen sebuah kepercayaan?

Ini kepercayaan yang entah mulai dari kapan dan dari mana datangnya aku ngga paham. Permintaannya pun kadang ada yang ngga masuk akal. Ada yang minta selimut yang biasa dipakai saat hamil, ada juga yang minta baju yang sedang dipakai saat itu juga. Seperti Ibuknya Aqila, nih.

Parah banget! Aku mengatakan parah, karena saat itu aku mengenakan baju yang sudah dua hari ngga dicuci. Hahaha. Tapi karena kemauannya gitu, yasudah. Aku tidak menanggung risiko kalau ada asem-asemnya. Hihihi. 
Entah sebuah kepercayaan atau apa, yang jelas setelah aku meminjamkan baju yang kecut banget, esok harinya dia sembuh. Uluhhh....

Kepercayaan yang berlaku di suatu daerah atau yang biasa disebut mitos memang susah diterima akal, ya. Tapi, ya begitulah. Namanya hidup di tengah masyarakat, musti mengahargai apa yang berlaku. Ya, kaaaaan? :D *elus-elus perut*

Baca juga mitos atau fakta tentang Bayi yang Terlilit Tali Pusar.

You May Also Like

2 komentar

  1. Nama nya panjang bener hahaha

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum bu saya mau berbagi cerita. Saya cowok Dri madukara banjarnegara.

    Saya punya kakak sepupu anaknya rewel trus bayi blm ada 1 th. Tiap malam Bab trus sm rewel nangis ngiringik. Dia lg mencari siapa kluarga yg sedang hamil. Ketika aku main kerumahnya kemarin anaknya terus ngejar aku melukinnaku terus. Padahal sebelumnya dia asing dg saya. Masalahnya pacar aku 2 mgu ini mengalami mual,ppis2 melulu,ngantukan malesan,makan jd banyak. Mens telat 8 hari namun mengalami mens cuma 3 hari saja. Apakah ini yg dinamakan pacarku ini bisa hamil?

    BalasHapus

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.