Kafe Bernuansa Joglo di Jogja, Suasananya Tenang Bikin Betah

by - Mei 31, 2024

Kafe Bernuansa Joglo di Jogja, Suasananya Tenang Bikin Betah - Yogyakarta terkenal dengan budaya dan tradisi Jawanya yang kental. Hal ini pun tercermin dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam desain kafe. Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi ngopi di pedesaan namun tetap berada di tengah kota, kafe bernuansa joglo bisa menjadi pilihan tepat.

Kafe Bernuansa Joglo di Jogja

Nah, biar kamu nggak penasaran, yuk cari tahu di mana saja café joglo yang ada di Jogjakarta dalam ulasan berikut ini. 

7 Kafe Bernuansa Joglo di Jogja ini Suasananya Tenang Bikin Betah.

Kafe memang cenderung menawarkan suasana tenang, asri dan di masa sekarang biasanya sudah ada sentuhan modern berupa teknologi pembayaran yang menggunakan QRIS. Begitu pula dengan kafe yang ada di Jogja. Namun sedikit berbeda dengan kafe lainnya, beberapa cafe di Jogja yang akan kita bahas kali ini memiliki arsitektur joglo khas Jawa yang sangat kental, diantaranya adalah:

1. Gandhok Coffee.

Kafe pertama yang harus kamu kunjungi ketika berada Jogja adalah Gendhok Coffee yang beralamat di Jalan Nogosari Lor Nomor 10, Kadipaten, Jogjakarta. Terletak di tengah kota, kamu bisa melihat bagian depan bangunan Gendhok Caffee bergaya indische dengan atapnya yang megah dan tinggi. Berbanding terbalik dengan area depan, di area belakang, kamu akan menemukan sebuah bangunan yang cukup luas berupa pendapa.

Gendhok Coffee yang tak pernah sepi pengunjung memang menjadi tujuan mahasiswa atau pekerja yang perlu tempat untuk melakukan pekerjaan dengan santai. Ini bisa dimaklumi sebab tempatnya sangat nyaman dan kamu akan merasa seperti berada di rumah sendiri. Apalagi harga makanannya sangat bersahabat dengan kantong yakni sekitar Rp 20 ribuan saja.  

2. Omah Minggir.

Kafe yang berada di Ngaranan, Sendangrejo, Kapanewon Minggir, Kabupaten Sleman, Jogjakarta ini bukan sekedar kedai biasa loh. Kalau kamu masuk ke dalam kafe, kamu akan menemukan penginapan yang berkonsep tradisional. Mereka yang pernah menginap di sini selalu mengatakan merasa betah seolah-olah sedang di rumah nenek yang asri.

Penasaran? Kamu bisa buktikan dengan melipir kemari kemudian menikmati secangkir kopi ditemani dengan pisang goreng sambil memandangi persawahan di pelupuk mata. 

3. Taru Martani Coffee.

Berada tak jauh dari Stasiun Lempuyangan, tepatnya di Jalan Kompol Bambang Suprapto Nomor 2A, Kapanewon Gondokusuman, Jogjakarta, Taru Martani Coffee bisa jadi tujuan kamu berikutnya. Sesuai dengan namanya, kafe ini bisa dikatakan unik sebab berada dalam area pabrik cerutu Taru Martani yang sudah eksis sejak tahun 1918. 

Sebagai kafe yang menjadi tujuan orang-orang dari berbagai usia, Taru Martani menawarkan berbagai spot menarik. Salah satunya pendapa yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong bersama teman sambil menikmati live music yang dijamin akan bikin kamu semakin betah. 


Kafe Bernuansa Joglo di Jogja yang murah

4. Passion Coffee.

Satu lagi kafe berkonsep joglo di Jogja yang tak boleh kamu lewatkan yaitu Passion Coffee. Kafe yang disebut-sebut sebagai hidden gems ini tak pernah sepi dari pengunjung yang sengaja datang untuk menikmati makanan dan minuman enak. Apalagi kafe ini juga menawarkan view berupa pemandangan sawah dan perbukitan yang hijau. Tentu merupakan daya tarik tersendiri untuk cafe yang berada di jalan Kenanga Nomor 7, Gedongan, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul ini.

Menariknya lagi, café berbentuk pendapa ini juga tepat berada di sebelah villa. Jadi, kamu tak perlu lagi repot mencari tempat untuk menginap saat berada di Passion Coffee.

5. Cerita Kopi Mukidi.

Mau ngopi di Café joglo kini tak harus ke pinggiran kota. Kamu bisa mampir ke Cerita Kopi Mukidi yang berada di Jalan Namburan Lor Nomor 7, Panembahan, Jogjakarta. Tempat yang masih berada di kawasan Keraton ini sangat cocok untuk bersantai melepas lelah atau sekedar nongkrong bersama teman dan orang terdekat. Sambil menikmati berbagai menu kopi spesial yang gurih dan sedap, kamu bisa bersantai di area outdoor atau duduk di teras joglo jika ingin suasana yang lebih teduh. 

6. Savasana Kopi.

Ingin meet up bersama teman? Savasana Coffee bisa jadi pilihan. Kafe yang ada di Jalan Selarong Nomor 15a, Kapanewon Sewon, Bantul ini juga berkonsep tradisional dengan gaya joglo. Di sini ada banyak spot untuk duduk sambil menikmati makanan dan minuman.  Berbagai fasilitas pun tersedia lengkap. Kamu bisa memanfaatkan WiFi gratis, bermain billiard dan bahkan boleh banget memainkan alat musik seperti gitar atau drum. Keren dan seru bukan? 

7. Filosofi Kopi.

Membahas tentang café berkonsep joglo di Jogja, kurang afdol rasanya jika tak menyinggung Filosofi Kopi yang ada di jalan Pandawa Nomor 001/17, Sleman. Kafe yang sudah memiliki cabang di berbagai penjuru kota Indonesia ini menawarkan konsep tradisional yang kental berpadu dengan keasrian alam. 

Cukup banyak hal menarik yang akan kamu temukan di kafe ini. Diantaranya adalah suasana jadul yang sangat kental dengan berbagai furniture berupa kayu dan lampu gantung yang klasik. Berada di sini akan membuatmu merasa seolah-olah sedang teleport ke tahun-tahun yang sudah lewat.  

Meski berkonsep jadul, Filosofi Kopi ternyata menawarkan berbagai menu kekinian yang bisa kamu coba lho. Mulai dari hot cappucino untuk menu kopinya hingga chocolate ice, salah satu menu non-kopi yang sangat populer.


Nah, itulah 7 café di Jogja berkonsep joglo yang recommended untuk kamu singgahi. Kamu dapat memilih kafe yang sesuai selera dan yang lebih penting adalah pas dengan budgetmu. Khusus bagi kamu yang kemana-mana sukanya cashless, boleh banget memanfaatkan QRIS dari digibank by DBS untuk membayar semua transaksi di café pilihanmu.

Cara pakai QRIS melalui digibank by DBS sangatlah mudah dan aman. Kamu bisa bayar sat set dengan limit hingga 10 juta/transaksi/hari. Tersedia pula beragam promo menarik dari berbagai merchant pilihan yang bisa kamu nikmati secara leluasa. Bila ingin tahu keuntungan lain dari digibank QRIS ini, kamu bisa cek informasinya di sini. Ada juga produk bank DBS lainnya yang bisa kamu manfaatkan lho.  

You May Also Like

0 komentar

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.