Little Pony and Grandma

by - Agustus 18, 2019

Satu hal yang paling aku tunggu menjelang istirahat malam yaitu mendongeng atau sekadar bercerita renyah bersama Syaquita. Kegiatan ini rutin kami lakukan itung-itung sambil menunggu Ayah pulang kerja meski pada akhirnya pasti kami sudah dulu tertidur ketika Ayah sampai rumah. Ah...terpenting ada niat baik, ya. 🤣



Kenapa mendongeng? Kenapa bercerita? Kenapa tidak menyanyi bersama atau belajar menghafalkan apapun yang telah dia pelajari baik di sekolah maupun TPQ?

Alasan terkuat tentu karena aku ingin tahu banget aktivitas dia selama seharian. Maklum, sebagai Ibu pekerja yang berangkat pagi pulang sore, tuh, selalu merasa ingin tahu kegiatan anak tiap harinya. Apalagi sekarang dia sudah sekolah dan alhamdulillaah juga mengaji. Pasti banyak pengalaman baru dan seru yang dia dapatkan bersama teman-temannya.

Oiya, kami pernah melakukan kegiatan menyanyi bersama sebelum bobok. Kalau tidak salah ingat, saat itu Syaquita baru berusia 2 tahun dan memang sedang senang-senangnya menyanyi. Sementara belajar kami lakukan mulai pukul 19.00 WIB sampai jam 19.15 WIB. Sebentar memang, kecuali ada Pekerjaan Rumah lha bisa sampai 60 menit.

Memasuki usianya tiga tahun, aku merasa dia makin cerewet, gitu. Hihihi. Kadang aku melihat seperti ada yang ingin disampaikan, tapi karena keburu melihat gadget dalam genggamanku, dia pun lebih memilih nonton tutorial mainan di youtube, dong. Makanya, saat sudah berdua, aku selalu berusaha menyinggahkan ponsel pintar.

Lalu, apa hubungannya dengan judul blog post little pony and grandma? 🙊

Jadi begini, Kecemutku sudah bisa membedakan antara bercerita dan mendongeng. Ketika aku memintanya untuk bercerita, maka dia akan memulai cerita kegiatan kesehariannya. Sementara kalau diminta untuk mendongeng, maka dia langsung memilih satu karakter kartun yang sering dia tonton.

Tiap kali hendak mendongeng atau bercerita, aku selalu membuka percakapan, dong. Menawarkan siapa dulu yang akan mendongeng atau bercerita. Gayung bersambut, pasti lah Kecemutku yang ambil jatah duluan. Dia lebih sering bercerita tentang kegiatannya di sekolah dan aktivitasnya bersama teman-teman se-permainannya di rumah. Uniknya nih, saat mulai mendongeng, alurnya udah cukup rapih. Masih awal-awal fokusnya masih terjaga. Namun ketika mulai masuk pertengahan cerita, tuh, selalu bikin melongo. Makin didengar, diperhatikan, alurnya maju mundur syantiik yang mana dia pasti menjadi pemeran utama dalam dongeng. Dia memposisikan diri sebagai si tokoh kartun dalam dongengnya dan kadang dari nama Little Pony tiba-tiba menjadi Aku. Uniknya lagi nih, dia juga selalu memasukan Mbah Uti ke dalam dongengnya. 🤣 Dari nama Grandma atau Nenek, di tengah-tengah dongeng dia mengganti nama menjadi Mbah Uti. 🙊

"Litte Pony itu sayang banget sama neneknya, sama kakeknya juga. Tapi kakeknya sering di kebun, ngga kayak grandma little pony yang nemenin ke sekolah. Little Pony juga sayang banget lho sama neneknya, grandma. Suka tidur bareng, dibeliin jajan. Baik."

Ternyata dongeng baginya adalah cerita nyata dalam kesehariannya yang kemudian ganti nama karakter kartun. Jadi, apa yang dialaminya pada hari itu, dia kemas menjadi sebuah dongeng yang selalu bikin aku nahan ketawa sampai perut kaku. Apalagi kalau sudah masuk di pertengahan dongeng, pasti gemaaas karena dia sok narsis bercitra sebagai anak baik-baik yang tidak pernah rewel! 🙊

Bundaaa, gimana dengan si kecil, nih? Lebih suka mendongeng apa? Sharing, dong. 😉

You May Also Like

0 komentar

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.