Cara Mudah Mengenalkan Keanekaragaman Hayati Kepada Anak-anak

by - Maret 03, 2024

Cara Mudah Mengenalkan Keanekaragaman Hayati Kepada Anak-anak - Hai, Parents! Melihat anak-anak ada ketertarikan untuk mengenal keanekaragaman hayati sejak dini tentu menyenangkan. Apalagi kita tahu, Indonesia, dengan sebaran pulau-pulaunya yang luas dan beragam, menjadi salah satu negara megadiversitas di dunia.

Yaps, keberagaman hayati yang dimiliki Indonesia tidak hanya kaya akan spesies flora dan fauna yang unik, tetapi keberagaman tersebut juga menjadi bagian integral dari identitas dan kekayaan budaya bangsa. Makanya, mengenalkan keberagaman hayati kepada anak menjadi sangat penting supaya anak tahu dan menjadi lebih paham flora dan fauna yang ada di Indonesia.

Saya bersama suami mulai mengenalkan keberagaman hayati Flora dan Fauna sejak anak-anak mulai telihat ada ketertarikan untuk melihat, sampai akhirnya mulai ada keberanian untuk interaksi dengan beragam fauna yang jinak.

Nilai positif dari mengenalkan konsep ini kepada anak-anak sejak dini dapat membantu mereka mengembangkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan makhluk hidup di sekitar mereka. Nah, berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengenalkan keanekaragaman hayati kepada anak-anak:


1. Bermain di Alam Terbuka.

Mengajak anak-anak untuk bermain di alam terbuka seperti taman, hutan, atau pantai menjadi salah satu cara mudah mengenalkan keberagaman hayati yang ada di sekitarnya. Saat kita mengajak mereka bermain di taman yang mana di dalamnya terdapat aneka flora, kita dapat mengenalkannya. Belajar mengenal nama-nama bunga, pepohonan, bahkan kadang ada banyak jenis serangga yang dapat mereka jumpai di sekitar taman.

Kita dapat belajar bersama anak-anak dengan melihat langsung tanaman atau hewan-hewan. Selain itu, kita juga bisa bercerita tentang keanekaragaman hayati yang punya peran dan keunikan masing-masing.

2. Menggunakan Buku Cerita dan Gambar.

Cara berikutnya untuk mengenalkan keanekaragaman hayati yaitu dengan menggunakan buku cerita dengan tema keanekaragaman hayati. Saya biasanya memilih buku 
dengan ilustrasi yang menarik dan cerita yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Kita dapat menggunakan teknik menunjukkan flora atau fauna, lali mulai membacakan cerita atau narasi yang ada pada buku tersebut. Anak-anak lebih tertarik jika ada iluatrasinya karena akan lebih interaktif sambil menunjukkan gambar-gambar yang menggambarkan berbagai jenis makhluk hidup.


3. Mengunjungi Kebun Binatang atau Kebun Raya.

Kami nyaris tiap sebulan sekali mengunjungi kebun binatang untuk mengenalkan lebih luas lagi tenyang keberagaman hayati. Kebetulan di kota kelahiran kami terdapat taman rekreasi margasatwa yang buka setiap hari yaitu Serulingmas.

Di kebun binatang ini terdapat banyak spesies burung, reptile, dan juga binatang buas. Tentu kami seperti panen pengetahuan di sana karena saat berkunjung ke sana kita dapay menjelaskan tentang berbagai jenis hewan yang mereka lihat. Apalagi di setiap kandang hewan terdapat papan informasi yang memberikan keterangan tentang hewan yang ada di dalamnya.

Tidak hanya itu, di Serulingmas juga cukup banyak flora yang pastinya juga kita dapat mengenalkannya kepada anak-anak. Kita dapat berdiskusi mengenai habitat asli masing-masing makhluk hidup tersebut dan pentingnya menjaga kelestariannya.


4. Berkebun di Rumah.

Berkebun di rumah menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika bisa dilakukan bersama anak-anak. Kita dapat mengenalkan beragam jenis flora sekaligus dapat menanamkan pada mereka pentingnya menjaga lingkungan 
dan memberikan perlindungan terhadap tanaman.

Tidak hanya itu, kita juga dapat memberi mereka tanggung jawab untuk merawat tanaman dan melihat langsung bagaimana keanekaragaman hayati dapat berkembang di lingkungan rumah. Asyik banget ya, Bun.

Keanekaragaman Hayati

5. Menyelenggarakan Permainan Edukatif.

Saat ini banyak sekali toko online yang menjual mainan edukatif sesuai minat. Contohnya memyusun puzzle berbagai jenis hewan, bunga, pohon, atau tebak nama tanaman. 
Dengan bermain puzzle, anak-anak dapat belajar, mengasah otak, sambil bersenang-senang.

Tentu masih banyak cara untuk mengenalkan keanekaragaman hayati kepada anak-anak. Sebagai bahan bacaan untuk menambah pengetahuan tentang keberagaman hayati, saya kerap membukan laman web sakaenergi.com. Pada laman tersebut, banyak memberikan informasi perihal kebijakan perlindungan keanekaragaman hayati. PT. Saka Energi Indonesia, didirikan pada 27 Juni 2011 di Jakarta, Indonesia. Upaya konservasi PGN Saka merupakan wujud dan komitmen perusahaan dalam upaya mempertahankan dan memulihkan fungsi ekosistem dan perlindungan keanekaragaman hayati (Kehati) baik flora dan fauna.

Ada banyak program kepedulian PGN Saka untuk melindungi bumi, seperti Keanekaragaman Hayati, Pengelolaan Air, Pengelolaan Limbah, Pengelolaan Penurunan Emisi dan Dekarbonisasi. Tentu jika membaca program-program meraka pasti akan menambah banyak pengetahuan. Tidak hanya perihal Keberagaman Hayati, tapi juga tahu bagaimana caranya kita lebih peduli lagi terhadap Bumi supaya keadaannya tidak semakin buruk.

Mengenalkan keanekaragaman hayati kepada anak-anak sejak dini merupakan investasi penting untuk masa depan mereka. Dengan memahami pentingnya menjaga keberagaman hayati, kita berharap anak-anak akan tumbuh menjadi individu yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan di sekitar mereka. ❤️

You May Also Like

0 komentar

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.