Serunya Ngobrolin Tata Tertib di Rumah bareng Anak

by - Juni 04, 2023

Hi, Parents! Apakah Bunda dan Ayah pernah ngobrolin tata tertib di rumah bareng anak? Bagaiamana reaksi mereka saat dikenalkan dengan tata tertib? Simpan dulu jawabannya, lanjut baca artikel yang berisi tentang obrolan tata tertib bareng anak sampai pada akhirnya terjadi lah kesepakatan. 😉



Yaps! Membuat kesepakatan dengan anak, tuh, lebih ringan dan mudah ketimbang membuat kesepakatan dengan orang dewasa. Apalagi kesepakatan tentang bayar hutang. Sudah sepakat akan dibayarkan setelah dua minggu peminjaman, eh pas ditanya malah diam-diam bae. Eh maaph kalau curcolnya kebablasan ya, Bun. 🤣

Ehem...ceritanya saya happy banget karena pelan-pelan sudah mulai "memanen" hasil dari obrolan tentang tata tertib yang bisa dilakukan di rumah bareng anak-anak. Tentu hasil yang saya dapatkan ini sudah melalui diskusi yang panjang, waktu yang tidak sebentar, dan proses yang tidak mudah. Terkadang tidak sengaja, saya mengeluarkan nada tinggi ketika mereka sedang berproses. Yups, saya yang lebih sering kurang kontrol ketimbang anak-anak. Padahal tahu kalau mereka, tuh, masih belajar. Apalagi Wildan, anak usia tiga tahun masih sering lupa dengan apa yang sudah menjadi kesepakatan.

Dua Anak Beda Usia, Tetapi Tanpa Sengaja Kerap Saya Samakan.

Berat banget. Asli berat banget kalau tiba-tiba keceplosan "Wildan, pisahkan antara kaus dan singlet, ya." Terus, dia bengong karena bingung. Bisa jadi dia membatin, "Ini maksud Ibu apa, ya? Atau, aku punya salah apa, ya. Kok ngomongin pisah-pisah?" 😆

Yaps! Peraturan tentang pemisahan antara baju dan dalaman saat mau mandi sebenarnya berlaku untuk Mbaknya, tapi saya kadang lupa Wildan kena mention juga. Kasihan banget melihat wajah polosnya. Lupa yang bikin kaget anak, tuh, rasanya tidak enak. Soalnya kalau yang kena salah mention adalah Mbaknya, saya bisa kena semburan balik, nih.

Sekarang saya lebih berhati-hati lagi ketika akan mengingatkan anak-anak perihal tata tertib di rumah. Meskipun usia mereka terpautnya tidak begitu jauh yaitu empat tahun, tetapi keterpautan usia mereka menjadi jauh karena masih pada usia anak-anak. Misalnya, anak pertama sudah sampai tata tertib nomor tujuh, sedangkan anak kedua baru sampai tata tertib nomor tiga.

Memberikan Pemahaman Tentang Tata Tertib yang Akan Dijalankan.

Diskusi bareng anak banyak banget manfaatnya baik untuk orang tua mapun anak. Sebelum melakukan kesepakatan, orang tua wajib menjelaskan tata tertib apa saja yang  akan diberlakukan di rumah bareng anak-anak sampai mereka betul-betul paham.

Usai menjabarkan tata tertib apa saja yang akan segera berlaku di rumah, tidak ada salahbya oran tua dapat "memancing" anak belajar menyampaikan pendapat bila kurang berkenan atau keberatan dengan tata tertib yang telah disampaikan. Anak pun menjadi lebih berani dalam mengutarakan pendapat atau berkomunikasi. Dengan adanya diskusi, orang tua pun bisa mengetahui kesiapan anak dalam menjalankan tata tertib di rumah. 

Lebih dari itu, dalam sebuah tata tertib mungkin akan dijumpai beberapa istilah yang belum dipahami anak, di sini orang tua dapat menguraikan maksud dan tujuan dengan lebih jelas yang mungkin nantinya dapat menambah kosa kata bagi anak-anak.

You May Also Like

0 komentar

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.