Ketika Si Kecil Susah Makan, Coba Lakukan Hal Ini

by - September 08, 2018

Berbicara dengan nada keras dengan si kecil hanya karena dia susah makan. Oh...yes, oh...no! Banyak yang bilang, hidup sebagai orang tua tanpa drama tuh kurang berwarna. Namun menjadi orang tua yang terlalu banyak drama pun rasanya njelehi. 😂 Apalagi dramanya hanya karena si kecil sudah makan. Duuuh...mending cari solusi ketimbang terus berceloteh di lini masa. Begitu, bukan?



Asli ini bukan sok bijak, sebenarnya ya aku pusing delapan keliling menghadapi si kecil yang susah makan. Berbagai macam cara sudah aku coba. Mulai dari menghaluskan nasi, ya siapa tahu dia lagu malas mengunyah terlalu lama. Sampai membuatkan lauk dan camilan favoritnya. Semua sudah Ibuk lalukan, Pak Dokteeeeer! Tapi belum ada yang berhasil. Ibuk tuh sedih pisan.

Bila sedang sehat, Kecemut biasanya habis satu centong nasi. Lauk favoritnya ada telor, bakwan, dan sop, pasti ikut dihabiskan. Lha ini, sudah diambilkan makan, tapi ogah-ogahan membuka mulut. Ibuk sudah siap mendongeng sambil nyuapin, tetap saja belum berminat makan. Aku jadi curiga kalau ada harta karun di dalam mulutnya yang tidak boleh diketahui siapapun. 😂

Sedih? Iyaaaa...sedih banget. Tapi sedihku tidak boleh berkelanjutan, cukup dua menit saja dan selanjutnya harus mencari cara alternatif supaya anak mau makan walau hanya 2 suapan, syukur-syukur lahap sesuai porsi.

Aku kembali ingat bahwa sejagad raya tahu, dunia anak adalah dunia bermain. Saat ada susah-susah dengan si kecil, berusahalah sekuat tenaga untuk tidak "meledak" dan tetap mengajaknya bermain. Jujur ada sedikit emosi ketika menyajikan makan, lalu ditumpahkan. Menyuapi, lalu dilepehkan. Bukan kekuatan ibu peri yang diharapkan saat itu, karena akan berujung baper.

Pedagang kaki lima a la Ibuk...
Ketika Yasmin susah makan, Ibuk mulai cerdik berperan sebagai pedagang kaki lima. Minimal makanan yang mengandung karbo harus masuk di dalamnya, usahakan juga ada camilan kesukaannya. Tak lupa aku menyiapkan alat tukar, uang mainan, supaya Yasmin tambah tertarik untuk membeli makanan.

Satu yang masih menjadi PR buatku yaitu ketika si kecil susah makan dan sedang dalam keadaan tidak sehat pula. Ini butuh banget perjuangan. Aku belum menemukan cara ampuh karena cara di atas sudah aku aplikasikan dan belum berhasil. Tahu sendiri, jika sedang sakit, mood si kecil menjadi labil banget. Siapa tahu ada yang sudah punya solusi, boleh lah berbagi tip untuk ini. 😗

Tapi tetap ya, Buk-Ibuuuk, jangan lengah, jangan dulu lelah, dan jangan mau kalah dengan si kecil. Taklukan...taqluqkan! 😂

#KecemutIbuk

You May Also Like

2 komentar

  1. Thifa dulu kalo ga mau makan nasi, kupanggilkan abang2 siomay, beli kentang sama tahunya. Ngga masak sendiri karena malas ya cuma butuh dikit gitu, kalo disimpan sampai berhari2 kan ya ngga fresh.

    BalasHapus

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.