Bermain LEGO; Petualangan Kreatif Bagi Si Kecil

by - April 28, 2024

Bermain LEGO; Petualangan Kreatif Bagi Si Kecil - Buat saya, Lego ini permainan penuh kejutan. Yaps, ini yang sering saya rasakan ketika mendampingi dan turut bermain lego bersama anak-anak. Jujur, imajinasi saya sangat terbatas ketika bermain Lego. Bisa dibilang kalah dengan anak-anak. Padahal kalau dari sisi pengetahuan sudah tentu orang tua lebih banyak tahu bongkahan Lego mau disusun menjadi model apa saja. Tetapi pada kenyataannya anak-anak lebih jago menyusunnya. 😂

Alat permainan bongkah plastik kecil ini sangat familier di kalangan anak-anak atau remaja, nggak pandang laki-laki ataupun perempuan. Hanya saja yang lebih sering memainkan Lego adalah anak laki-laki. Terjadi juga di keluarga kami yang aktif bermain Lego adalah Wildan, anak kedua kami. Padahal kami membelikan Lego untuk mereka saat usianya masuk tiga tahun. Iya, sama-sama di usia tiga tahun. Namun kami melihat kalau Wildan sangat menyukai bongkar pasang dan menyusun Lego ketimbang Mbaknya.

Saya sangat senang melihat anak-anak bermain Lego. Mereka lebih kreatif. Benda apa saja yang mereka temui biasanya langsung diaplikasikan dengan Lego. Nggak hanya mobil, robot, pesawat dan bangunan saja, tetapi juga candi, gunung, hewan, dan model lain yang sekiranya bisa dia buat.

BERMAIN LEGO; PETUALANGAN KREATIF BAGI SI KECIL
menyusun balok lego...

Manfaat Bermain LEGO untuk Si Kecil.

Lego memang bukan hanya sekadar mainan biasa. Di balik kegiatan menyusun balok-balok kecil ini, tersembunyi manfaat luar biasa bagi perkembangan anak-anak. Mari kita jelajahi dunia kreatif Lego!

1. Stimulasi Kreativitas Tanpa Batas.

Bermain Lego seperti membuka pintu menuju dunia tanpa batas bagi imajinasi anak-anak. Dengan Lego, anak-anak dapat menjadi arsitek, insinyur, atau bahkan astronot! Mereka bisa membangun istana, pesawat ruang angkasa, atau bahkan kota impian mereka sendiri. Tak ada batasan untuk apa yang bisa mereka ciptakan. Inilah yang membuat Lego sangat spesial di mana imajinasi anak-anak bisa berkembang tanpa batas.

2. Pengembangan Keterampilan Motorik Halus.

Saat anak-anak menyusun balok-blok Lego yang kecil, mereka sebenarnya sedang melatih keterampilan motorik halus mereka. Mengambil balok-blok yang kecil dan menempatkannya dengan presisi membutuhkan koordinasi yang baik antara mata dan tangan. Ini adalah latihan yang sangat bagus untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari, seperti menulis, menggambar, atau mengancingkan kancing baju.

3. Pembelajaran Kolaboratif dan Problem Solving.

Ketika anak-anak bermain Lego bersama anggota keluarga atau teman-teman, mereka belajar untuk berkolaborasi dan memecahkan masalah bersama-sama. Mereka belajar berbagi ide, mendengarkan pendapat orang lain, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Ini adalah pelajaran berharga yang akan membantu mereka di sekolah dan juga di kehidupan sehari-hari ketika mereka tumbuh dewasa.

main lego menyenangkan..

4. Memupuk Kreativitas dalam Pemecahan Masalah.

Setiap set Lego datang dengan petunjuk untuk membangun model tertentu, tetapi sebagian besar waktu, anak-anak lebih suka membangun sesuatu yang mereka impikan. Ini membutuhkan kreativitas dalam memecahkan masalah. Mereka harus mencari tahu bagaimana menggunakan balok-blok yang mereka miliki, dan bagaimana mewujudkan impian si mereka menjadi kenyataan. Proses ini mengajarkan mereka untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menghadapi tantangan.

5. Belajar Kesabaran dan Ketekunan.

Membangun sesuatu dengan Lego membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Terkadang, mereka mungkin mengalami kesulitan atau membuat kesalahan, tetapi dengan bertahan dan mencoba lagi, mereka bisa mencapai tujuan mereka. Ini adalah pelajaran berharga, apalagi jika dalam kehidupannya kelak.

Bermain LEGO Online. Berikut Rekomendasi Game Lego untuk Si Kecil.

Bermain Lego sangat membantu anak-anak untuk jauh dari gadget. Namun kalau anak-anak sudah tumbuh besar, biasanya mereka akan lebih eksplore dengan permainan yang mereka suka, seperti permainan Lego. Ketika mereka sudah mengenal game online, selain bermain lego dalam bentuk balok, mereka juga akan mencari permainan lego online yang dapat dimainkan di smartphone atau laptop.

Berikut ini, saya rekomendasikan game Lego untuk si kecil yang dapat meningkatkan kreativitasnya dalam menyusun balok-balok secara online dan mungkin bisa juga diaplikasikan saat dia sedang bermain Lego offline.

LEGO bermanfaat untuk anak-anak
jangan lupa terus bangun dan ambil pajaknya...

LEGO City Adventures Build And Protect.

Game dengan judul LEGO City Adventures Build and Protect. Ceritanya, dalam petualangan kota LEGO ini, pemain membantu Walikota Solomon Fleck membangun kota LEGO menggunakan berbagai bangunan yang menghasilkan pendapatan pajak yang dapat digunakan untuk membantu membangun seluruh kota. Pajak yang kita hasilkan ini, nanti bisa kita gunakan untuk membangun kota sesuai dengan visi kita.

Yuk, simak cara bermain LEGO City Adventures Build and Protect yang mengharuskan kita untuk lebih teliti dan bersabar dalam memainkannya supaya bisa mendapatkan banyak pajak!

  1. Bangun gedung-gedung yang diperlukan untuk menciptakan kota metropolitan yang berkembang.
  2. Gali minipiece tersembunyi yang dapat digunakan untuk membangun tipe bangunan unik yang tersedia di setiap zona.
  3. Kumpulkan pajak dari setiap bangunan untuk mendanai pengembangan lebih lanjut dan  penggalian lebih lanjut.
  4. Setiap bangunan mengharuskan kita memiliki tabungan LEGO yang cukup untuk membelinya bersama dengan minipiece yang dibutuhkan.
  5. Buka kunci masing-masing dari enam zona kota dengan mengisi setiap zona dengan 25 bangunan.
  6. Setiap zona memiliki kepingan LEGO dan tipe bangunan uniknya sendiri dengan jadwal penghasilannya sendiri.
  7. Pastikan setiap zona memiliki setidaknya satu kantor polisi dan pemadam kebakaran sehingga kita dapat melindungi warga.
  8. Padamkan api dan hentikan perampokan untuk mendapatkan hadiah tambahan.

Sebelum anak-anak memainkan game ini, saya sudah mencobanya terlebih dahulu. Permainan ini membutuhkan pemahaman supaya kita mendapatkan goal sesuai target. Saya sebagai orang tua, awal memainkan game ini cukup kewalahan. Tepatnya agak bingung. Hahaha. Tapi setelah memahami step by step game online ini, ternyata mudah dan asyik banget. Apalagi saat kita bertugas sebagai pemadam kebakaran, berasa ngos-ngosan untuk memadamkan apinya. Hahaha.

City Builder.

Berbeda dengan game online LEGO City Adventures Build and Protect yang membutuhkan kekuatan penuh, game City Builder ini lebih mudah dimainkan. Kita harus fokus dan teliti karena kita diminta untuk menyusun lego untuk membuat menara. Kita sebagai pemain harus menyusun balok dengan rapi untuk mendapatkan nilai yang sempurna. 

permainan city builder
jatuhkan LEGO tepat di atas lantai...

Yuk, simak cara bermain City Builder atau permainan susun menara sederhana.

  1. Tekan tombol mulai di layar selamat datang untuk memulai permainan.
  2. Pilih lokasi bangunan di peta untuk mulai membuat bangunan.
  3. Balok satu per satu akan turun ketika kita pilih waktu turun, sehingga setiap balok akan turun di atas lantai sebelumnya.
  4. Kita dinyatakan kalah jika bangunan itu runtuh.
  5. Jika gagal, kita dapat memutar ulang bangunan.
  6. Tetapkan atap di setiap bangunan dan pastikan waktu jatuh balok cukup untuk mencapai sasaran total titik bangunan.
  7. Pilih lokasi lain di peta untuk menumpuk menara berikutnya.

Kita harus mendapatkan lebih banyak poin untuk pengaturan waktu yang tepat dan poin tambahan untuk pengaturan waktu yang tepat pada penurunan lantai atau balok. Perkiraan untuk menjatuhkan balok ini betul-betul membutuhkan ketelitian. Kita akan mendapatkan nilai banyak jika bisa menjatuhkan balok tepat di atas balok di bawahnya, tidak miring.

Permainan Lego online di atas aku dapatkan dari situs mortgagecalculator.org/money-games/. Meskipun situs tersebut terutama berfokus pada uang dan keuangan, namun memiliki banyak kategori permainan dan lusinan permainan yang tersedia. Kita dapat memilih game sesuai dengan minat untuk kemudian dimainkan berama anak-anak atau merekomendasikannya kepada anak-anak, saudara atau teman-teman.

Kenapa merekomendasikan Game Online di mortgagecalculator.org? Karena game online yang sangat nyaman dimainkan di laptop sebagian besar adalah game edukasi dan cocok untuk Si Kecil, seperti game LEGO di atas.

Yuk, berikan anak-anak kesempatan untuk merasakan keajaiban dunia LEGO. Melalui LEGO, mereka dapat menjadi siapa pun yang mereka impikan!

You May Also Like

0 komentar

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.