Glamping Bersama Anak, Ini Perlengkapan yang Wajib Dibawa

by - Maret 31, 2024

Glamping Bersama Anak - Di tengah cuaca yang tidak menentu pada pertengahan Desember 2023, saya memberanikan diri mengajak anak-anak untuk menikmati Wisata Glamping Sikembang yang berlokasi di Kecamatan Kretek, Kabupaten Wonosobo. Bisa dibilang ini agak nekat. Tetapi karena traveling kali ini sudah penuh pertimbangan dan juga sudah direncanakan jauh-jauh bulan, akhirnya saya pun memutuskan untuk ikut Glamping dengan membawa anak-anak.

Glamping Sikembang

Yaps, saya tidak hanya bersama suami dan anak-anak, tetapi ada empat personil. Dua personil sudah berkeluarga dan dua personil lagi masih single. Kami adalah tim rumpi di Dipayuda yang memang lama sekali tidak traveling bersama karena padatnya kegiatan masing-masing. Rasanya sangat membutuhkan penyegaran. Ya…siapa tahu setelah Glamping ini tim marketing oleh-oleh khas Banjarnegara semakin semangat. 😋

Sebelum Glamping Menjamur, Kami Punya Pengalaman Camping Bersama Anak. 

Ini adalah kali pertama saya mengajak anak-anak Glamping atau Glamour Camping. Sebelum Wisata Glamping semakin menjamur, saya pernah mengajak Jasmine merasakan Camping di kawasan Baturraden tepatnya di Palawi. Untuk pertama kalinya camping, dia mendapatkan pengalaman yang sangat tidak menyenangkan karena saat malam hari hujan turun begitu deras sampai area camping penuh air. Saking derasnya, air hujan sampai masuk ke dalam tenda. Tidak hanya itu, beberapa tenda ada yang bocor. Betul-betul sangat menyedihkan.

Saya tidak menyangka, pengalaman tersebut masih terus lekat dalam ingatannya. Makanya tidak heran, saat saya mengajaknya Glamping, dia tidak begitu tertarik dan konfirmasi berkali-kali tentang tenda yang akan kami tempati. 😅 Karena sebelumnya saya sudah pernah Glamping di Sikembang Glamping bersama Besteeei, saya pun dapat meyakinkan kalau tenda yang akan kami gunakan untuk tidur sangat aman dan nyaman sekalipun hujan deras.

Meskipun menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, tetapi bukan berarti saya berhenti untuk mengajak anak eksplorasi di alam terbuka, khususnya Camping. Belajar dari pengalaman Camping bersama anak yang tidak membuatnya bahagia, kali ini saya mencoba mengajaknya Glamping.

Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Glamping Bersama Anak.

Setelah sepakat untuk mengajak anak-anak Glamping, saya langsung membuat daftar perlengkapan yang harus dibawa. Pokoknya perlengkapan yang dibutuhkan anak-anak menjadi prioritas dan wajib didahulukan. Berikut ini adalah perlengkapan yang wajib dibawa saat glamping bersama anak-anak.

1. Minyak Telon atau Krim Anti Serangga.

Meskipun tenda sudah tertutup rapat, tapi seringkali serangga masuk ke dalam tenda, khususnya nyamuk. Nyamuk ini kalau sudah berkeliaran bikin tidur nggak nyenyak dan kalau sampai menggigit kulit anak-anak pasti bentol-bentol. Krim atau lotion anti serangga wajib banget dibawa saat glamping. Apalagi tempat glamping itu rata-rata di tengah hutan, ya. Jangan lupa buat membawa minyak telon karena jika anak-anak kembung, kedinginan, digigit serangga, minyak telon bisa membantunya.

2. Obat-obatan Pribadi.

Saya pernah punya pengalaman traveling bersama anak yang berujung gagal eksplorasi di hari kedua. Saat berangkat, sih, badan fit banget. Tapi setelah jalan seharian, mungkin karena terlalu capek, kepanasan, dehidrasi, atau karena sebab lain, dia demam. Obat-obatan pribadi wajib dibawa saat traveling khususnya saat bertualang di alam terbuka seperti glamping. Meskipun tempat wisata menyediakan obat-obatan lengkap, tapi belum tentu obatnya cocok dikonsumsi oleh anak-anak kita. Lebih aman membawa dari rumah.

glamping di wonosobo yang man untuk anak-anak

3. Baju Hangat.

Lokasi Glamping pada umumnya berlokasi di daerah yang sejuk. Atmosfer ini pun menjadi salah salah satu daya tarik wisata glamping. Membawa baju hangat menjadi wajib supaya anak-anak bisa ikut kegiatan sampai malam hari tanpa merasa kedinginan. Oiya, kita tidak perlu membawa selimut atau sleeping bag ya, Bun. Karena sudah disediakan. Paling kaus kaki dan sarung tangan supaya anak merasa tetap hangat.

4. Sandal.

Kami termasuk keluarga yang lebih memilih menggunakan sepatu jika hendak bepergian jauh atau traveling supaya lebih aman. Konsekuensinya, bawaan kami bertambah banyak karena sandal harus masuk ke dalam daftar barang yang wajib dibawa. FYI, tidak semua Wisata Glamping menyediakan sandal, lho. Contohnya di Sikembang Glamping. Padahal ketika kita akan eksplorasi sekitar Glamping, tentu lebih nyaman pakai sandal, bukan?

5. Kamera.

Kamera termasuk perlengkapan yang wajib banget dibawa untuk mendokumentasikan segala momen bersama anak-anak. Sebenarnya bukan hanya saat wisata glamping saja, namun karena kami termasuk keluarga yang jarang wisata glamping, jadi mumpung sedang glamping wajib mengabadikan momen baik dalam bentuk foto maupun video. Hiraukan saja kalau ada yang berkomentar dikit-dikit foto karena momen kebersamaan dengan anak-anak memang sangat berharga.

Untuk urusan kamera, kami lebih memilih menggunakan kamera smartphone karena selain lebih praktis dan hasilnya pun sama-sama bagusnya jika dibandingkan dengan kamera mirrorless. 

Yuk, Abadikan Momen Bersama Si Kecil.

Ngomongin kamera smartphone yang dapat digunakan untuk mengabadikan momen, apakah Parents sudah pernah menggunakan kamera smartphone Xiaomi 14 series? Terdapat tiga tipe pada seri ini, yaitu Xiaomi 14, Xiaomi 14 Pro dan Xiaomi 14 Ultra. Masing-masing punya fitur kamera yang bagus-bagus dan cocok banget buat kita yang hobi fotografi.

Kenapa hasil fotonya bagus? Karena Xiaomi 14 ada campur tangan Leica di kamera

Leica adalah merk kamera premium, yang berarti bahwa produk Leica berkualitas tinggi, jumlah produksi yang terbatas dan merknya telah diakui dan sangat dihormati oleh kalangan fotografer dunia. Hal ini yang membedakan Leica dengan pabrikan kamera lainnya.

harga xiaomi 14 di Indonesia

Xiaomi 14 memiliki konfigurasi triple camera 50 MP yang mirip dengan model di atasnya yaitu Xiaomi 14 Pro. Bedanya, Xiaomi 14 Pro memiliki aperture variable dari f/1.4–f/4.0. Selain itu, keduanya tidak dibekali kamera periskop telefoto yang hadir eksklusif di Xiaomi 14 Ultra. Gimana? Bersaing banget tiap serinya, ya. 

Berikut saya spill kelebihan dan kekurangan Xiaomi 14 yang menjadi salah satu yang terbaik di HP flagship tahun 2024 dan tersedia resmi di Indonesia.

Kelebihan

Kekurangan

Desain kompak dan elegan

Masih ada isu throttling

Dibekali Leica di kamera

Harga yang Cukup Tinggi untuk Kapasitas Storage yang 256 GB

Stereo speaker dan empat mic array

Performa chipset powerful Snapdragon 8 Gen 3

Sudah dengan HyperOS yang efisien

Baterai awet dengan pengisian daya cepat

 

Konektivitas dan sensor lengkap

Sudah Mendukung USB Display-out


Ketiga seri di atas punya kelebihan dan kekurangan. Cuma kalau ngomongin harga memang cukup tinggi, ya. Tapi kalau dilihat spesifikasi kameranya yang punya kualitas bagus, tidak akan merasa rugi membelinya. Parents dapat membeli smartphone Xiaomi secara online di Tokopedia dengan harga bersaing. Tidak perlu khawatir membeli ponsel secara online dit Tokopedia karena dijamin aman.

Selain perlengkapan di atas, yang wajib dibawa saat Glamping adalah perlengkapan ibadah. Sebagian besar obyek wisata di Indonesia menyediakan tempat ibadah bagi kaum muslim. Tapi tidak semua melakukan kontrol secara berkala atau setiap hari pada perlengkapan yang ada di dalamnya. Atas dasar ini, saya lebih memilih untuk membawa perlengkapan ibadah sendiri termasuk punya suami dan anak-anak supaya ibadahnya lebih nyaman.

Sikembang Glamping Wonosobo yang sangat nyaman untuk  anak-anak

Ngomong-ngomong, apakah Parents punya pengalaman Glamping bersama anak? Boleh banget berbagi pengalaman lewat kolom komentar, termasuk perlengkapan yang dibawa. Happy Traveling with Family😘

You May Also Like

0 komentar

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.