Pelan-pelan Mengenalkan Kemerdekaan RI kepada Si Kecil

by - Agustus 26, 2017

Terkena terik matahari tidak menyurutkan semangat para penonton karnaval. Mereka tetap duduk di pinggir jalan, terus menontonnya dengan riang meski cuaca siang itu begitu panas. Ingin melihat penampilan anak, saudara, teman, atau sekadar menikmatinya. Entah apa yang menjadi tujuan mereka, yang jelas banyak orang menunggu acara karnaval yang digelar di hari kemerdekaan. Termasuk aku.


Di kota kelahiranku, Banjarnegara, karnaval kemerdekaan RI telah menjadi agenda tahunan. Karnaval ini dilaksanakan sehari setelah hari kemerdekaan RI dan diikuti oleh anak-anak TK, SD, SMP, dan SMA. Rute dimulai dari alun-alun Banjarnegara, melewati Jl. MT. Haryono, Jl. Pemuda, lalu kembali lagi ke alun-alun Banjarnegara. Rute yang cukup jauh.

Kebetulan karnaval tahun ini dilaksanakan pada hari Minggu. Aku pun menyempatkan untuk nonton bersama Yasmin dan Mbah Uti. Kami memilih tempat nonton di Jl. Gayam, dekat Topas Gayam. Alhamdulillaah...di sini cukup adem karena ada pepohonan di sekitar. Cukup nyaman.

Bagiku, karnaval termasuk salah satu acara tujuh belasan yang khas dan menarik. Terlebih, tema karnaval tiap tahunnya berbeda. Potensi daerah dan Wisata menjadi tema pilihan tahun ini. 

Tiap sekolah menyajikan kreasi tempat wisata, kuliner, yang dimiliki oleh Banjarnegara. Membuat buah carica dari kertas asturo, misalnya. Atau, membuat replika Candi Arjuna dari kardus. Menarik, ya. Omong-omong, karnaval ini dilombakan. Makanya, tiap Sekolah berlomba-lomba menyajikan kreatifitas terbaik yang siap untuk diperlihatkan. 

Karya berbeda yang aku lihat dalam karnaval yaitu literasi. Salah satunya adalah topeng sarung. Ini adalah kreasi siswa-siswi SMP-IT Banjarnegara. Mereka melukis di atas kain sarung dengan membuat ekspresi wajah. Melihat topeng ini bergerak dan tangannya bergoyang, Yasmin bahagia banget, dong. Dia ikut joged-joged. 😂


Lucu banget, asli. Apalagi melihat gerakan tangannya. Yasmin mencoba mengikuti gerakan para peserta topeng sarung, gitu. 😄 

Anak seusia Yasmin, 19 bulan, memang belum paham arti hari kemerdekaan. Aku belum mengenalkan atau memberi penjelasan tentang Kemerdekaan RI kepadanya. Mengajaknya nonton lomba di kampung halaman, atau nonton karnaval semacam ini menjadi salah satu cara mudah menyampaikan pesan tentang moment kemerdekaan. Sampai pada saatnya dia akan paham, bahwa jika ada lomba di kampung dan karnaval berarti saat itu juga akan ada peringatan hari kemerdekaan. 

Kelak, saat Yasmin usia tiga atau empat tahun, moment nonton karnaval akan kembali terulang. Di usia ini, mungkin dia sudah mulai paham jika kami memberi pengetahuan tentang kemerdekaan RI. Tentang keberagaman baju adat yang dikenakan para peserta karnaval. Atau, alat musik yang dimainkan oleh para peserta karnaval. Pelan-pelan mengenalkan Kemerdekaan RI kepada Si Kecil.

You May Also Like

6 komentar

  1. Mba Idah, carnaval di Banjarnegara terlihat seru dan kreatif sekali ya. Saya lihat boneka dan topeng sarungnya lucu2, terbayan usaha para orang tua yang mempersiapkan pakaian untuk karnaval anak-anaknya. Bagus sekali cara Mba memperkenalkan kemerdekaan kepada anak, di mulai dari hal-hal yang menyenangkan 👍.

    BalasHapus
  2. Karnaval perayaan HUT RI di sana super kreatif! Itu buah-buahan sama topeng sarungnya lucu banget.. Pasti seru banget karnavalnya ya.. Kita aja yang udah bukan anak-anak aja suka, apalagi anak-anak. Belajar itu bisa dari mana aja kan... ^^

    BalasHapus
  3. Wahh menarik banget mbak perayaan kemerdekaan di Banjarnegara. Jujur aku belum pernah ngerasain karnaval yang meriah banget gitu, selama ini tinggal di Depok, terkadang rasanya kalau di kota besar orang-orang lebih ignorant. Palingan mah perayaan kecil-kecilan di komplek rumah, itupun sekarang tidak ada setiap tahun karena isinya mulai generasi tua semua :( *harusnya inisiatif

    BalasHapus
  4. Serunyaaa.. Jadi keingat waktu sekolah dulu suka banget ikut karnaval kemerdekaan pakai baju profesi.. Hihi

    BalasHapus
  5. Aku malah cekikikan sendiri lihat topeng sarungnya. Kebayang deh anak anak kaya Yasmin kalau ngikutin gerakannya hahaha

    BalasHapus
  6. Salut melihat semangat dari warga Banjarnegara dalam merayakan hari kemerdekaan! Kreatif dan seru banget acaranya 👍

    BalasHapus

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi

Activity On Instagram