FamilyTime: Memanjakan Diri di TRMS Serulingmas

by - Agustus 15, 2016

Sependapat dengan Teman-teman yang kerap mengutarakan "bahagia itu sederhana."
Berlaku juga bagi kami, bahwa bahagia memang sederhana.

Menambah kedekatan, menghilangkan penat setelah lima hari bekerja, family time ke Taman Rekreasi Margasatwa (TRMS) Serulingmas Banjarnegara mejadi pilihan kami untuk memanjakan diri.
Libur lebaran tahun ini, kami tidak merencanakan liburan ke luar kota. Salah satu pertimbangannya, yaitu belum tega mengajak si kecil perjalanan jauh.

Tetapi, bukan berarti kami terus mengurung diri di dalam rumah selama libur lebaran. Iiih...bukan Jasmine banget! Hihihi...

Ada banyak objek wisata di Kabupaten tempat kami tinggal: Banjarnegara, Jawa Tengah.

My Lil Fam memilih objek wisata yang cocok untuk berman-manja. Objek wisata yang asyik banget buat refreshing bersama keluarga. 


Salah satu objek wisata yang cocok untuk Family Time, memanjakan diri, yaitu Taman Rekreasi Margasatwa (TRMS) Serulingmas atau yang lebih populer dengan sebutan Selamanik, karena wisata tersebut berlokasi di Jl. Selamanik, Banjarnegara.

Pagi yang cerah membangkitkan semangat kami untuk packing. Hari itu, niat kami untuk memanjakan diri di Serulingmas bisa dibilang sukses!

Perjalanan dari rumah menuju Serulingmas cukup 20 menit tanpa hambatan. Wisata paling irit segalanya, ya, wisata di "kandang" sendiri. Transportasi, makanan, camilan, standard Kabupaten. Hihihi


Kami lewat Jl. Raya Kenteng, lalu memilih Jl. Alternatif sampai pertigaan Gayam (Jl. Sunan Gripit). Sesampainya di parkiran Serulingmas, aku kaget, dong. Cukup surprise melihat halaman parkir penuh dengan kendaraan bermotor. Orang Banjarnegaa bilang, prepegan. Aku maklum, sih. Lebaran, gitu.

Melihat deretan motor yang sukses bikin puyeng, aku tidak ikut masuk parkiran. Turun di pintu masuk tempat parkir dan langsun menuju loket pembelian tiket masuk. Sementara Ayah mencari tempat parkir sesuai dengan arahan tukang parkir.

Harga Tiket Masuk Rp 15.000 per orang. Batita si kecil Jasmine belum membayar. *ngirit mabelas ribuuw* *alhamdulillaah* *buat beli Dawet*

Ada tiga cara kami memanjakan diri di Serulingmas, yaitu:

1. Menengok Satwa yang Bikin Gemes!

"Mama, nanti aku mau ketemu Singa hitam di dalam sana!"

Telunjuk lelaki mungil, kira-kira usia 3 tahun, menunjuk ke replika Singa yang berada di depan pintu masuk. Seekor Singa yang -mungkin- sengaja dipoles dengan warna gelap biar nampak KEKAR, GAGAH, MEMESONA. Hihihihi *syereem* *iiiih gemesh*

Geli rasanya melihat Singa Hitam itu. Serius bikin gemes. Gemes-gemes nyeremiin! Beda dengan burung-burung yang berada di Taman Burung. Kompleks pertama yang kami kunjungi.

Bersin
Hayoo...bersin! Rusa saja terpesona sama kamu, Nak. Hihihi
Burung-burung yang ada di Serulingmas tidak cukup banyak. Nun, sebagian besar adalah burung yang dilindungi. Seperti burung Elang dan Burung Merak Hijau. Salah dua burung yang paling banyak dilihat pengunjung.

Selain burung, satwa lain yang menggemaskan yaitu Beruang Madu, Orang Utan, dan Lutung. Mereka ada dalam satu kawasan. Dan hanya kepada mereka kami dapat berbagi. Berbagi camilan. Hihihi



Aslinya, pas ngelempar makanan, merinding. Padahal, kami tahu satwa tersebut kecil kemungkinan bisa keluar. Apalagi Orang Utan yang kakinya dirantai.

Satwa terakhir yang kami kunjungi yaitu Rusa dan Kijang. Sebenarnya mereka cukup menggemaskan, menarik. Hanya saja, tubuh mereka seperti satwa yang satu minggu belum mandi. Buluke pwoool. Hahahaha

2. Bermanja-manja di Gazebo!

Tau ngga, sih? Setelah bercengkrama dengan satwa yang bikin emes, kaki ngilu, Bray! Ya ampuuun...hanya jalan beberapa langkah saja, Ayah sudah ngeluh. Aku, sih, tidak mengeluh. Hanya minta ganti posisi saja. Jasmine tiduran di Gazebo, sementara aku digendong Ayah hahaha...Baby kawakan!


Pengelola TRMS cerdas banget. Terus menambah fasilitas penting bagi pengunjung. Dengan adanya Gazebo, pengunjung sudah tidak perlu lagi membawa tikar untuk sekadar beristirahat, lesehan.

Gazebo dengan ukuran 2x2 meter sukses membuat kami betah tiduran di sana. Karena belum tahu ada Gazebo, kami membawa alas.



Mengingat tubuh Jasmine masih rentan, kami tetap menggelar alas untuk bermain dan tiduran.

Makan siang bersama adalah moment paling istimewa bagi kami. Bagiku sendiri yaitu menyiapkan makan siang buat Jasmine, MEMBELI rujak dan Dawet buat Ayah. Saking nyamannya, pijitan di Gazebo, tuh, nikmat bangeet. Secara, habis "Thawaf" melihat satwa, ya. Kesyeeel. Hihihi

Pijitan, tuh, bisa terjadi di mana saja, kapan saja. Jadi, waspadalah kaum Adam. Siapkan energi, ya. Hahahaha

3. Fun Swimming With Baby Jasmine!

Semacam objek wisata plus-plus, selain bisa melihat satwa dan naik wahana permainan, pengunjung bisa meneruskan wisata dengan membeli tiket khusus yaitu Renang.

Kolam renang berada di dalam TRMS. Satu lokasi. Cukup mengulurkan uang Rp 5.000 per orang, pengunjung dapat renang mulai dari jam 08.00 WIB sampai jam 16.00 WIB.

Kami renang cukup lama. Bermain air dengan si kecil. Sesekali Ayah ikut renang. Sementara aku, setia mendampingi si kecil. Memberi aba-aba yang membuat si kecil makin bahagia berada di dalam air.


Kami nyaman dan puas renang di sini. Kolam renangnya memang standard. Tapi fasilitas tambahan berupa air hangat dapat dinikmati pengunjung cukup dengan membayar Rp 1.000 per gayung. 

Namanya masih punya Batita, ya. Air hangat cukup penting bagi si kecil. Selain bisa menghangatkan tubuh, bagus juga untuk kesehatannya.


You May Also Like

1 komentar

Activity On Instagram