Tip Membeli Baju Anak Usia 0-3 Bulan

by - Februari 21, 2016

Satu yang paling aku tunggu saat kehamilanku masuk usia 37 minggu adalah belanja baju anak!

Kenapa harus menunggu sampai 37 minggu? Bagiku ngga ada keharusan. Tapi, aku punya orang tua yang berdarah Jawanisme di mana beliau ngga mengijinkanku membeli keperluan bayi jika belum masuk usia kandungan sembilan bulan. Harap maklum, ya. Hahaha

Ambil hikmahnya saja, ternyata ada manfaatnya, lho. Mampu menekan rupiah yang keluar dari dompet. Khususnya uang belanja baju. Kok bisa? Ya bisa! Karena, semakin bertambahnya usia kandungan, ada yang lebih diprioritaskan. Ngga melulu soal sandang untuk anak. Iya, kan?

Masih kebayang pas Jasmine masih usia dua bulan dalam kandungan. Banyak banget baju-baju lucu yang -seperti- akan dipilih dan dibeli. Apalagi, saat aku tahu bahwa baby berjenis kelamin perempuan. Hmmm...makin semangat nge wish list baju anak di ol shop. Hahaha

Tapi....itu semua hanya wish list belaka! Tutup tab online shop, hapus beberapa baju anak dari daftar! Hihihi

Nah, BuIbu pingin ngga kalap saat belanja baju untuk anak usia 0-3 bulan atau bahkan baby new born? Cobain tip ini, deh. 

1. Masuk Online Shop!
Yuups...aku saranin utuk masuk online shop. Bukan toko offline, ya. Bikin wish list sebanyak-banyaknya. Sampai merasa puas, sampai lega!

Karena aku mintanya hanya masuk dan bikin wish list, ya hanya praktikkan itu saja. Jangan sampai membelinya dahulu sebelum baca point ketiga.

2. Periksa kandungan dan lakukan USG!
Dengan memeriksa janin atau USG, kita akan tahu ukuran baju yang akan dibeli. Ya, dengan USG kita akan tahu berat badan dan panjang bayi. Jadi, baju yang akan dibeli insya allah akan tepat guna. Berat badan 2.7 kg dengan 4 kg, bisa jadi menggunakan baju yang sama ukurannya. Tapi, rasanya ngga elok kalau baby pakai bajunya kedodoran.

3. Usia kandungan 35 ke atas
Pada usia kandungan ini lah, BuMil bisa mulai belanja. Emang masih bisa jalan-jalanndan pilih-pilih baju anak, Dah? Insya allah bisa.

Pada usia kandungan ke 35, BuMil dan suami sudah mulai merencanakan, membicarakan "akan bersalin di mana?"

Nah, malah jadi fokus ke persalinan, kan? Jadi mikir biaya persalinan, kan? Hahaha Sementara, wish list baju anak yan banyak itu dicuekin. Sampai ngga terasa bahwa tak lama lagi akan merasakan nikmatnya persalinan. Bukan lagi nikmatnya belanja baju untuk anak. Wkwkwk

4. Baju
Membeli banyak pakaian atau baju untuk anak usia 0-3 bulan? No no no! Jangan sampai hal ini terjadi. Sebab, pada usia tersebut, pertumbuhan anak pesat banget. Mending beli sekira 1 dusin saja untuk pakaian lengan pendek dan juga panjang. Toh, makenya sehabis mandi dan kalau bayi gumoh, kan?

5. Celana
Bayi sekarang begitu keluar rata-rata langsun dipakein celana. Ngga betah dibendong. Kecuali Jasmine yang sapai sekarang masih dibendong. Hahaha

Bayi usia sampai 3 bulan akan sering pipis dan pup. Makanya butuh banyak celana. Belilan banyak celana, ya. Tapi, kalau anak sudah dipakein pempers semenjak usia 0 bulan, ya bisa irit celana. Belinya ngga usah terlalu banyak.

6. Bahan
Menjadi urutan keenam, tapi menjadi prioritas utama. Perhatikan bahan baju yang akan dibeli untuk si buah hati. Utamakan bahan yang meresap keringat. Katun, misalnya. Dengan bahan yang meresap keringat dan ngga panas, anak akan merasa nyaman jika memakainya.

7. Model
Cukup Ibunya yang ngga gawl, ya. Anaknya sebisa mungkij didandani secantik dan seganteng-gantengnya.

Pilihlah model baju yang kekinian, tapi tetao mengutamakan point keenam. Model baju buat anak usia 0-3 bulan masih standard. Belum banyak yang lucu-lucu. Menurutku yang hidup di kampung, jarang ada toko perlengkapan bayi, ngga ada mal. Nasib.

Pingin update soal model baju anak? Coba main ke laman www.anakastinastanti.com, deh. Ada label FASHION di sana, lho. Fashion ootd a la Fais dan Fira. Yaaa...meski beliau sekarang suka sibuk, tapi tetap rajin update fashion anak-anaknya. Ngga kayak aku. :D 

Nah, itu lah tip membeli baju anak usia 0-3 bulan a la Ibunya Jasmine, ya. Kalau ada yang mau menambahkan tipnya boleh banget, lho. Secara, aku kan masih  new mother. Hahaha...So, masih banyak belajar dari para suhu di Em(b)ak Ceria. ^-*

You May Also Like

3 komentar

  1. cieee yang ebi seneng belanja baju bayi. lucu-lucu baju bayi apalagi buat anak cewe

    BalasHapus
  2. Waaahh tipsnya oke banget nich. Idah sukses dong yaaaaaa...nahan belanji belanjaaa

    BalasHapus
  3. terimkasih banyak tipsnya mba, sangat membantu :)

    BalasHapus

Activity On Instagram