Demam Tinggi Pada Bayi Usia 10 Hari

by - Februari 02, 2016

Demam Tinggi Pada Bayi Usia 10 Hari - Melihat anak tetangga menangis karena sakit saja, aku ngga tega. Lha ini, pas tanggal 25 Januari, melihat anak sendiri menangis sampai kejer karena badan anget. Suhu tubuhnya nyaris menyentuh angka 39.

Rasanyaaa....pingin ikut nangis. Eh udah nangis, ding. Tapi ngga banjir banget karena banyak saudara yang mendampingiku. Jasmine badannya anget semenjak sore hari. Saat itu aku tes menggunakan termometer, suhu badannya 38.3. Aku berusaha ngga panik. Tapi, orang sekelilingku semua bicara. Jadi lah aku panik.

Karena suhu badannya tinggi, aku pun menghubungi Bidan Desa. Tak lama menunggunya, beliau datang ke rumah dan memeriksa Jasmine: suhu tubuh, denyut nadi, napas, dan juga bagian perut. Ya, perutnya turut diperiksa karena Jasmine sudah lima hari ngga BAB.

Bidan Desa, Bu Indri, berpesan jika suhu badan makin tinggi, aku diminta untuk segera ke Rumah Sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. Beliau juga menyarankan untuk terus memberi ASI kepada Jasmine. Karena ASI bisa menjadi obat paling mujarab untuk bayi.



Mendengar kata Rumah Sakit, Ibuku langsung panik, dong. Segala obat tradisional udah dicoba. Sampai tengah malam, pukul 23.30 WIB, suhu tubuh Jasmine 38.8 derajat.  Aku mendengarnya "bershalawat" makin kencang. Sediih banget. Sampai akhirnya, kami memutuskan untuk membawanya ke Rumah Sakit.

Bayi baru berusia 10 hari masuk rumah sakit karena suhu badan tinggi dengan kondisi badan oke semua, tanpa ada yang dikhawatirkan. Dokter ngga menyarankan untuk rawat inap. Sebab, di dalam ruang rawat ada banyak bayi dengan kondisi yang memang kurang sehat. Sedangkan Jasmine hanya panas, dengan kondisi badan semua normal. Menurut Dokter, kasihan, takut kena virus dari teman-teman lain. So, kami kembali ke rumah dengan membawa Sanmol, obat penurun panas. ;)

Aku bersyukur Jasmine ngga sampai rawat inap. Oya, saat Jasmine diperiksa, Dokter agak rancu, karena wajah dan kening Jasmine kuning. Tapi, kuningnya bukan karena bayi kuning, melainkan baru dikasih kunir. Hihihi

Saat mendapat obat, aku galau. Antara kasihan dan pingin Jasmine lekas sehat. Kasihan, usia 10 hari sudah dapat asupan obat. Hiks

Jika sedang galau masalah anak, atau apapun, paling nyaman ya mlipir ke group Em(b)ak Ceria, di mana ada banyak Ibu-ibu senior yang udah berpengalaman. Mau tanya apa saja, pasti banyak jawaban dan juga pendapat. Pelayanan di group pun 24 jam non stop. Hahaha Di sana aku tanya tentang pemberian obat pada bayi. Saking takutnya. Takut salah.

Selain di group, aku juga tanya kepada beberapa teman satu group yang baru pada punya baby. Saat itu yang sedang online ada Mbak Noe, Emaknya Ranu. Jadi lah aku banyak bertanya kepadanya.

Aku foto obat yang diberi Rumah Sakit. Kemudian aku kirimkan. Ee..ngga taunya Ranu juga pernah minum Sanmol pas demam. Mbak Noe juga punya stok obat lain buat jaga-jaga jika anak-anaknya demam. Tengkyuuu  ya, Emaknya MasKaRan. . . :D

Berkat sharing dengan teman-teman, udara terasa segar kembali. Rasa yang tadinya aku kira hanya aku semdiri yang merasakannya, ternyata banyak teman yang mengalaminya. Aku ngga sendiri, pun dengan Jasmine. Banyak anak yang pernah demam pada usia kurang dari satu bulan.

Menyoal tentang obat yang harus dikasih ke bayi beneran bikin takut. Pun saat memberikannya. Meski dosisnya hanya 0.3 ml, tetap saja ngga tega.

Batin seakan berteriak: "sakitnya buat aku saja, ya Allah. Biarkan anakku sehat!" *serius* *ngga lebay*

Dua kali Jasmine aku beri Sanmol, pagi dan siang hari. Alhamdulillaah...sore hari sudah adem. Aku juga bersyukur banget, malam harinya Jasmine bisa bobo nyenyak! Aah...betapa bahagianya melihatmu bobo nyenyak, Nak. Sehat selalu ya, Beib. Mumumuach! ^-*


You May Also Like

10 komentar

  1. iya sama mbak..kalo anak nangisnya ampek kejer aku yo ngga tega dan pasti aku nangis juga...

    BalasHapus
  2. Aisyah jg cocok pake sanmol.
    ngerin bgt klo anak kcl sakit trauma aku :D

    BalasHapus
  3. kaizu juga ngalamin hal serupa,paginya ke bidan dan minum obat...alhmd turun,g tga juga..sampe emaknya nangis pas malem2 :(

    BalasHapus
  4. udah khawatir banget ya pastinya Idah,apalagi anak pertama. Jasmine sehat2 trus ya

    BalasHapus
  5. kami selalu siap membantu #eeeeeh...semangaaat ya Idah..semoga Jasmine sehat selaluuu..

    BalasHapus
  6. Yaa, jgn sakit dua duanya atuuh, hihi. Alhamdulillah ya Jasmine cuma panas, dan lgsung sehaat. muach muach, titip cium buat Jasmine cantik yoo

    BalasHapus
  7. Mama Jasmine jangan mudah panik ya biar bisa cari solusi. Tetapi memang sih kalau anak pertama apalagi masih baru-baru banget yo rasanya gimana geto. Salfa aja yang badannya kuning aku sudah deg-degan kayak mau pingsan...

    Sehat ya Jasmine... salam dari kakak Salfa

    BalasHapus
  8. Iya sih, klo punya bayi tuh bawaannya parno, takut kenapa2 ya, apalagi anak pertama. Dulu aku juga gitu, Dah. Semoga Jasmine enggak kenapa2 lagi ya cyiiintt... sehat sehat terus.

    BalasHapus
  9. Dulu aku panikan banget Dah, skrg juga ding. Haha

    Sehat selalu yaa, Dek..

    BalasHapus

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi

Activity On Instagram