Periksa Kehamilan di Rumah Bersalin Hidayah, Banjarnegara

by - Juni 05, 2015

Kali pertama datang ke Rumah Bersalin untuk bertemi dengan Doker kandungan, tuh, seperti mimpi!

Selain mimpi, aku juga bingung harus berkomunikasi SEPERTI APA jika bertemu Doker Kandungan? Bisa berkomunikasi cas cis cus, atau hanya mengangguk, dan menggelengkan kepala sebagai isyarat.

Namanya pengalaman pertama hamil, kan, belum banyak mendapat informasi, apalagi pengalaman seputar kehamilan, dan atau kandungan. Makanya, saat sampai Rumah Bersalin Hidayah (RBH) pun, aku deg-degan banget. Sedikit gerogi.


Rumah Bersalin Hidayah adalah rumah bersalin swasta yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 11, Banjarnegara. Kurang lebih 1 km dari pertigaan Gayam, atau 300 meter dari RSUD Banjarnegara yang kini bernama RSUD Hj. Anna Lasmanah Sumitro Kolopaking.

Di RBH, Dokter Spesialis Kandungan hanya ada satu, yaitu dr Susanto Rahmad, SpOG. Kesehariannya, Beliau dinas di RSUD Hj. Anna Lasmana. 

Beliau membuka praktik selain pada jam kerja yaitu hari hari Senin-Jum'at pukul 16.00-selesai antrean. Biasanya, sih, pukul 21.00 WIB sudah selesai praktik. Sebab, Beliau juga membatasi jumlah pasien yang periksa. Kisaran 20-25 pasien saja.




Sebelum berniat untuk memeriksa kandungan, tiap pasien bisa mendaftar melalui telephone. Disarankan untuk telephone, karena pelayanan pesan singkat kadang terabaikan saking banyaknya  tugas dari bagian pelayanan dan pendaftaran. 

Pendaftaran melalui telephone baru akan ditanggapi mulai pukul 15.30 WIB. Sedangkan pemeriksaan mulai pukul 16.00 WIB.

Dan perlu digaris bawahi, Mbak-Mbak yang bertugas di bagian pendaftaran, tuh, masih muda-muda. Jadi, jangan heran kalau ngga mendspat senyum dari mereka, ya. :D 

Ruang tunggu, toilet, mushala, sebagai fasilitas umum untuk pasien bisa dikatakan cukup baik, bersih, dan nyaman.

Pada lokasi yang sama, terdapat pula Apotek yang menyatu dengan RBH. Yaitu Apotek Hidayah. Apotek ini bisa dikatakan Apotek yang menyediakan obat-obatan terlengkap di Banjarnegara. Seringkali menjadi Apotek rujukan.

Selain Rumah Bersalin, pada hari dan jam tertentu, RBH melayani pemeriksaan untuk poli umum dan gigi.

Sementara ini dan bisa jadi selama aku hamil, Dokter Santo menjadi pilihanku untuk berbagi informasi mengenai perkembangan Dede yang masih dalam perut. ;)

You May Also Like

2 komentar

  1. boleh tau no telp klinik hidayah

    BalasHapus
  2. Sekarang RB Hidayah berganti nama menjadi Klinik Hidayah dengan alamat yag sama, sedangkan no telp yg bisa dihubungi adalah 081327264609.
    Dan perlu diketahui saat ini ada 2 (dua) dokter SPOG yg praktek, yaitu dr Santo dan dr Nungki, jam praktek 1 hari 3 kali, pagi 6:30 siang jam 11:00 dan sore jam 16:00.

    BalasHapus

Activity On Instagram