Membangun Gudang Rumahan: Menyulap Mimpi Menjadi Kenyataan

by - April 26, 2024

Membangun Gudang Rumahan - Di balik setiap struktur bangunan yang berdiri kokoh, selalu ada cerita menarik. Ada sebuah cita-cita, impian, sampai dengan perjuangan dalam membangunnya. Ini terjadi pada kami yang belum lama ini membangun gudang dengan ukuran yang nggak biasa.

Saya bilang nggak biasa karena pada umumnya bangunan untuk gudang ini luas dengan tujuan bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang dengan jumlah yang banyak. Sementara gudang yang baru kami bangun ini ukurannya jauh dari kata luas karena di bangun di atas tanah sisa bangunan rumah. 😆 Yaps, kami memanfaatkan sisa tanah yang nggak seberapa untuk dibuat gudang.

Ide ini datang dari suami yang punya peralatan atau perkakas yang menurutnya membutuhkan tempat penyimpanan khusus. Hobi bongkar pasang barang elektronik dan memperbaiki barang elektronik membuat koleksi peralatannya semakin hari semakin bertambah. Yang awalnya hanya cukup ditaruh di tool box, sekarang tool boxnya sudah penuh. Apalagi dia juga suka menyimpan sparepart dan barang bekas yang sekiranya masih bisa dimanfaatkan.

membangun gudang rumahan dengan budget terbatas

Memulai Membangun Gudang.

Seperti yang sudah saya tulis di atas, gudang yang kami bangun ini adalah gagasan dari suami. Kebetulan bagian belakang rumah ada sisa tanah dengan panjang 3 meter dan lebar 9 meter. Hanya saja bentuk tanahnya mengerucut. Meski demikian, kami tetap meneruskan rencana membangun gudang karena kami sangat membutuhkan ruang penyimpanan. Ternyata repot juga nggak punya gudang. 😄

Untuk mengawalinya, kami diskusi dengan calon tukang untuk membicarakan konsep dan menyamakan ide barangkali ada rencana-rencana yang nggak sepemahaman. Apalagi kami sangat awam dalam hal pembangunan, seperti pemilihan bahan bangunan. Dengan berdiskusi, kami sangat yakin akan mendapatkan hal yang maksimal meskipun budget terbatas. 😌

Rencana dan Perencanaan.

Setelah berdiskusi dengan tukang, kami membuat perencanaan sederhana termasuk budget dan model. Rencana anggaran menjadi hal yang harus dibuat karena budget untuk membangun gudang sangat terbatas. Model gudangnya pun sangat standard menyesuaikan budget. Kami punya goal, terpenting gudang berdiri, ada atapnya, pintu dan juga jendela. Selebihnya seperti plester dinding, pengecatan, plafon, bisa dilanjutkan setelah ada budget lagi.

Perencanaan yang matang akan menjadi landasan kuat dalam menjalani proses pembangunan. Dari pemilihan bahan bangunan, desain interior yang optimal, setiap detail dihitung dan direncanakan.

Menciptakan Fondasi yang Kokoh.

Seperti pepatah mengatakan, "Rome wasn't built in a day". Begitu juga dengan gudang yang solid. Tahap awal yang krusial adalah menciptakan fondasi yang kokoh. Tanpa fondasi yang kuat, gudang akan rentan terhadap goncangan dan kerusakan. Meskipun ukurang gudang kami nggak luas, tapi kami sangat memperhatikan fondasi, balok ring bangunan, sampai dengan saluran air hujan untuk atap. Nah, karena kami sudah nggak punya sisa tanah lagi, jadi kami menggunakan saluran air dari beton.

Membangun Gudang Menyulap Mimpi Menjadi Kenyataan

Saluran air beton memang memerlukan waktu lebih lama dalam hal pembuatan hingga pemasangannya karena harus dicor dan dikeringkan dengan baik pada suhu yang tepat untuk kemudian bisa digunakan dengan tepat. Jika ada kesalahan selama proses pengolahannya, talang air akan mudah retak dan bocor. Kalau sampai bocor, repot banget. Harus mencari pelapis dak anti bocor yang kualitasnya bagus.

Kesenangan dalam Melihat Proses.

Meskipun penuh dengan tantangan, proses membangun gudang juga sarat dengan momen-momen menyenangkan. Mulai dari melihat struktur bangunan mulai terbentuk hingga melihat impian menjadi kenyataan, setiap langkah memberikan kepuasan tersendiri bagi para pelaku proyek.

Hasil Akhir yang Memuaskan.

Dan akhirnya, setelah melewati berbagai perjuangan dan pengorbanan, gudang pun selesai dibangun. Sebuah pencapaian yang membanggakan bagi semua pihak yang terlibat. Gudang bukan hanya sebuah bangunan, tetapi juga sebuah simbol kesuksesan, ketekunan, dan kolaborasi. Biasanya, ia terlahir dari kebutuhan akan ruang penyimpanan yang lebih besar, efisien, dan fungsional.

Mimpi untuk membangun sebuah gudang bukanlah sesuatu yang muncul begitu saja. Berawal dari ingin memiliki sebuah gudang di rumah, ternyata gudang yang sekarang sudah dibangun banyak sekali manfaatnya. Yaps, nggak hanya kami gunakan untuk menyimpan barang-barang yang jarang dipakai saja, tapi kami gunakan juga untuk tempat reparasi dan juga tempat menyalurkan salah satu hobi saya yaitu Blogging.

You May Also Like

0 komentar

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.