Flek Pada Ibu Hamil

by - Januari 15, 2016

Kemarin sore, Ibunya Aisyah berkabar jika dia sedang hamil lagi. Bahagia dengernya. Aku malah baru tahu kalau dia sedang hamil, lho. Efek jarang blogwalking, jadi ketinggalan kabar teman-teman.


Kami ngobrol ngga lama, sih. Selain mengabarkan tentang kehamilan dengan usia kandungan 8 minggu, dia juga memberi kabar bahwa baru-baru ini dia mengalami flek. Flek yang ia keluarkan memang ngga banyak, tanpa nyeri pun. 
Aku jadi ingat saat usia kehamilanku masuk 12 minggu, masih tri semester pertama. Aku ngeflek juga. Tapi, alhamdulillaah ngga berpengaruh pada kandungan. Dan ngga tahu kenapa, aku yakin saja kalau baby yang ada dalam kandinganku sehat. 
Begitu juga dengan Mbak Enny, Ibunya Aisyah. Dia merasa yakin bahwa janinnya baik-baik saja. Meski sudah difonis Dokter yang ngga mengenakkan, dia tetap yakin. Naluri Ibu memang kuat dan harus selalu positif, ya.

Salah satu hal yang sangat di khawatirkan para Ibu Hamil dan membuat panik, yaitu tentang flek. Pada usia kandungan yang masih muda, tri semester pertama, keluarnya flek ini rentan banget dengan yang namanya keguguran. 
Flek darah ini lebih sering berwarna kecokelatan. Selama flek masih dalam batas normal, menurut Dokter Trisno, sih, ngga membahayakan banget. Kecuali, jika fleknya terjadi secara terus menerus, perut terasa nyeri, banyak dan berlangsung lebih dari satu hari. Ada baiknya langsung diperiksakan ke Dokter untuk menentukan apakah perkembangan embrio normal atau tidak.

Beberapa penyebab flek diantaranya yaitu karena adanya perubahan hormon. Ini semacam penyesuaian kondisi tubuh. Ada juga yang disebabkan karena infeksi pada sekitat mulut rahim. Selain itu, bisa disebabkan karena terlalu sering malakukan hubungan saat sedang hamil muda. :D *banyak puasa kalau istri masih hamil muda ya, Pak*. Tak sedikit yang bilang, flek disebabkan karena Ibu hamil terlalu capek. Makanya, ada baiknya bagi Ibu pekerja banyak istirahat, berbaring saat jam istirahat.

Flek saat hamil muda menjadi satu hal yang sangat menakutkan bagi para Ibu Hamil. Berbeda dengan flek yang keluar saat menjelang HPL. Ini biasanya ditunggu-tunggu. Karena menjadi salah satu tanda-tanda persalinan. Seperti yang terjadi pada kandunganku pagi ini di usia kehamilan 39 minggu. 

Kapan pun flek itu menghampiri Ibu hamil, sebaiknya langsung ke Dokter saja, ya. Supaya Ibu tenang. ^-*

You May Also Like

3 komentar

  1. kalau ma tenang memang harus diperiksa dulu ya

    BalasHapus
  2. flek kalau sudah hamil besar juga berarti sudah mau siap-siap melahirkan tuuuh :)

    BalasHapus

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi

Activity On Instagram