ASUS Vivobook Go 14, Level Terbaik Laptop untuk Pelajar

by - Desember 26, 2023

Setiap tahun ajaran baru, banyak teman yang sering minta rekomendasi laptop buat pelajar. "Bun, minta rekomendasi laptop untuk pelajar, dong." Ini enggak hanya sekali, dua kali. Pun enggak hanya satu atau dua teman. Benar-benar banyak teman yang sering minta rekomendasi laptop untuk pelajar. Sebagian besar dari mereka enggak paham spesifikasi laptop dan enggak tahu kebutuhan laptop untuk pelajar. 

Eits, tentu rekomendasi yang diminta punya kriteria. Tidak hanya laptop "bagus" saja, tapi juga harganya ramah di kantong dan juga awet. Pokoknya gretongan lah, ya. Pusing enggak, tuh?  Hahaha.

Enggak, dong! Kenapa harus pusing, ya. Hari gini banyak laptop untuk pelajar dengan spesifikasi sesuai kebutuhan mereka dan harga terjangkau pula. Coba saja cek di laman web ASUS, di sana banyak banget rekomendasinya. Kalau teman-teman klik satu per satu di etalasenya, dipastikan bingung atau bahkan mabok karena harus membandingkan satu produk dengan produk lain baik dari sisi spesifikasi maupun harga.

laptop untuk pelajar

Melalui artikel ini, saya akan memberikan rekomendasi laptop untuk pelajar dengan level terbaik yaitu ASUS Vivobook Go 14. Selanjuatnya, saya akan menyebutnya Vivobook Go 14, ya. ;) Jadi, bagi teman-teman yang sedang mencari laptop yang cocok untuk pelajar, yuk lanjut baca artikel ini sampai selesai. Ya...barangkali setelah tahu spesifikasi laptopnya bakal bikin kamu langsung say to yes  untuk membelinya.

ASUS Vivobook Go 14, Laptop Thin and Light Entry-Level Terbaik.

Membelikan laptop untuk anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah tentu sangat memperhatikan dimensinya, ya. Yakali, tas udah penuh dengan banyak buku yang beratnya udah kayak beban hidup masa disuruh jinjing laptop yang beratnya 2 kilo. Beras kalik, ya. :lol:

FYI, Vivobook Go 14 (E1404F) dimensinya sangat ramping dan ringan. Ini menjadi salah satu aspek yang menonjol dari laptop ini. Ketebalan bodinya hanya 17,9mm, lho. Ramping banget enggak, tuh. Terus, beratnya kira-kira 1,3kg. Beneran Thin and Light Entry, kan. Sudah pasti mudah dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke mana-mana. Anak zaman sekarang mana mau dibawain laptop yang gede-gede ya, Bun.

Ehem..sepertinya sudah masuk dalam rencana daftar beli, nih. Padahal yang saya spill baru spesifikasi dimensinya, ya. Tenang, masih ada spesifiksi berikutnya yang dapat meyakinkan lagi untuk membeli Vivobook Go 14.

vivobook go 14

Tangguh dan Aman Meskipun Penggunanya Adalah Pelajar.

Meskipun laptop ini direkomendasikan untuk level pelajar, bukan berarti ASUS memberikan fitur yang biasa saja, ya. Laptop dengan harga 6 jutaan ini hadir sebagai laptop military grade yang paling terjangkau di Indonesia. Enggak usah kaget kalau laptop ini memiliki kualitas dan ketahanan terbaik.

Yaps, Vivobook Go 14 telah memenuhi standar kualifikasi ketahanan militer AS dan mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H. Jadi, sertifikasi ini dikenal karena ketatnya kriteria dan prosedur pengujian yang harus dilalui sebuah perangkat. Hasil dari serangkaian pengujian tersebut menunjukkan bahwa Vivobook Go 14 dirancang untuk bertahan dalam berbagai kondisi. Artinya, tangguhnya enggak main-main.

Lanjut dari sisi pengamanan, ASUS Vivobook Go 14 menyediakan webcam shield fisik supaya enggak ada hacker yang mengintip aktivitas pengguna lewat webcam. Kehadiran privacy shield di webcam ini juga memudahkan pengguna saat sedang online meeting namun enggak ingin mengaktifkan kamera. Cukup menggeser switch, maka aktivitas kita enggak akan terlihat siapapun.

ASUS Vivobook Go 14

Widiw, laptop pelajar canggih bener, ya. Belum lagi fitur keamanan lain yaitu fitur fingerprint sensor yang terletak di area touchscreen. Tuh, tambah yakin buat beli laptop ini karena fingerprint sensor umumnya tersedia pada laptop mid-high untuk keamanan data dan juga kemudahan login ke Windows 11.

Vivobook Go 14, Laptop Pelajar yang Ditenagai Hardware Generasi Terbaru.

Bagian ini yang juga menjadi salah satu keunggulan Vivobook Go 14 pasti bikin teman-teman enggak pikir lama lagi buat beli laptop ini. Yaps, pemanfaatan hardware generasi terbaru untuk menjamin kinerja tinggi dan responsivitas cepat.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru yang menawarkan kecepatan dan efisiensi energi yang sangat baik. Menurutku, laptop ini enggak hanya sebagai pilihan ideal untuk para pelajar saja, tapi juga untuk profesional dan content creator yang memerlukan perangkat dengan performa tinggi. Apalagi kalau tahu memori dan penyimpanannya, content creator pun bisa merasa cukup dengan memiliki laptop seri ini.

Buat yang penasaran dengan memorinya, Vivobook Go 14 menawarkan memori LPDDR5 dengan kapasitas hingga 16GB. Memori jenis ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan lebih hemat energi, yang akan berkontribusi pada durasi baterai yang lebih tahan lama.

Terus untuk penyimpanan, Vivobook Go 14 dilengkapi dengan NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB yang menawarkan kecepatan akses data sangat cepat dibandingkan dengan SSD SATA atau HDD tradisional. Tahu sendiri kelebihan NVMe PCIe SSD lah, ya.

Kombinasi dari hardware tenaga terbaru ini membuat laptop pelajar bisa diajak multitasking. Enggak usah kaget kalau pas pakai waktu boot lebih singkat dan akses file juga lebih cepat. :P

Laptop Pelajar dengan Layar Full HD dan Layar Bisa Dibuka Hingga 180o

Katanya laptop pelajar, kok fiturnya bisa canggih ini? Hayolo, laptop harga 6 jutaan udah dapat layar Full HD dan tingkat kecerahan 250 nits. Banyak lho dengan harga dan di segmen yang sama hnya menawarkan layar dengan resolusi HD. Tentu saja enggak sebanding dalam hal ketajaman dan kejernihan gambar. Adanya fitur ini menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan kualitas visual terbaik dalam segala keadaan.

Paling bikin nyaman mata, laptop ini juga dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada mata. Bagaimana? Cocok banget buat para pelajar, bukan?

Surprisenya, laptop dengan harga terjangkau ini pada layarnya menggunakan engsel atau hinge yang bisa dibuka hingga 180o. Tentu ini sangat memudahkan para pelajar saat bekerja kelompok dan juga sharing karena hinge yang mampu dibuka hingga 180o juga menandakan bahwa engsel tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dibanding engsel biasa.

Lebih asyiknya lagi, desain layar laptop ini dibuat dengan NanoEdge Bezel, yang memungkinkan bezel layar tampil sangat tipis. Iya, NanoEdge Bezel tidak hanya meningkatkan rasio layar terhadap bodi, tetapi juga membuat tampilan secara keseluruhan menjadi lebih modern dan elegan.

Gabungan fitur-fitur tersebut menjadikan Vivobook Go 14 berdiri di atas kompetitor di kelasnnya dan benar-benar menawarkan pengalaman visual yang superior tanpa mengorbankan kesehatan dan kenyamanan pengguna.

Berikut ini, saya bagikan juga informasi detail spesifikasi Vivobook Go 14 (E1404F) supaya teman-teman bisa lebih fokus dan semakin mantap untuk jajan laptop pelajar level terbaik ini.

Main Spec. Vivobook Go 14 (E1404F)
CPU AMD Ryzen™ 5 7520U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.3 GHz max boost) AMD Ryzen™ 3 7320U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.1 GHz max boost)
Operating System Windows 11 Home
Memory 16GB LPDDR5 8GB LPDDR5
Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 14-inch IPS-Level, FHD (1920 x 1080) 16:9, 60Hz, 250nits, Anti-Glare
Graphics AMD Radeon™ Graphics
Input/Output 1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, backlit keyboard
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card
Camera 720p HD camera
Audio AI noise-canceling technology, SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array microphone
Security Webcam privacy shield, Fingerprint sensor with Windows Hello support
Battery 42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 32.45 x 21.39 x 1.79 ~ 1.79 cm
Weight 1.38Kg
Colors Green Grey, Cool Silver, Mixed Black
Price Rp6.299.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 256GB SSD) Rp6.599.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 512GB SSD) Rp9.599.000 (Ryzen™ 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)
Warranty 2 Tahun Garansi Global termasuk 1 Tahun ASUS Perfect Warranty

ASUS Vivobook Go 14, Level Terbaik Laptop untuk Pelajar.

Laptop untuk pelajar ini sudah dilengkapi dengan berbagai port yang akan memudahkan koneksi dengan perangkat lain. Port yang tersedia mencakup USB Type-C yang mendukung transfer data cepat, USB Type-A yang kompatibel dengan berbagai perangkat, HDMI untuk kebutuhan presentasi atau hiburan, dan juga 3.5mm combo audio jack untuk kebutuhan audio. Komplit banget dan tentunya sesuai kebutuhan pelajar masa kini.

ASUS Vivobook Go 14, Level Terbaik Laptop untuk Pelajar

Teman-teman dapat mencoba pengalaman baru saat menggunakan fitur keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard ini dirancang untuk memaksimalkan pengalaman mengetik, mengurangi kelelahan pada jari, dan meningkatkan produktivitas. Dan menariknya, dibanding laptop lain di kelasnya, Vivobook Go 14 sudah menyediakan backlit keyboard. Betul-betul mendapatkan kenyamanan ekstra.

Yang bikin tenang, Vivobook Go 14 telah dilengkapi Office Pre-Installed. Ya, beli Laptop ini sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) yang mana sudah pasti di dibutuhkan oleh para pelajar sebagai dasar belajar mengoperasikan Laptop. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dan dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli.

Review ASUS Vivobook Go 14

Gimana? Sudah merasakan level terbaik laptop untuk pelajar dari ASUS, kan? Jadi, buat yang sedang mencari referensi laptop untuk pelajar atau mahasiswa dengan harga terjangkau, saya rekomendasikan ASUS Vivobook Go 14 yang ringkas, ringan, dilengkapi dengan hardware generasi terbaru, layar Full HD, bisa dibuka hingga 180o, tangguh dan juga aman.

You May Also Like

1 komentar

  1. Wah ini nih laptop yang lagi saya cari untung nemu artikel ini jadi banyak tahu speknya

    BalasHapus

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.