Resep Sayur Asem Segar Favorit Ayah

by - Mei 09, 2019

Ketika tim sup dan tim sayur asem tinggal dalam satu rumah, rasanya lucu kalau dalam waktu bersamaan membuat dua menu tersebut. Pasti bikin tanda tanya, kan. Aku lebih suka sup atau sayur bening, menurutku lebih segar. Sementara Ayah, lebih suka sayur asem yang misal tiap hari dibuatin, tuh, tudak akan menolak. Nah kalau sekarang, karena udah ada Kecemut, yang menang tim Sup dan Bening, dong. Soalnya dia belum suka sayur asem, kecut katanya. 😂


Bulan ramadhan masak menu yang segar-segar dan bervariasi, tuh, bikin semangat berbuka, ya. Melihatnya saja porsi makan nantinya kayak mau tambah, gitu. Padahal sampai saatnya bedug, ya porsinya biasa saja. 🙊 Parahnya nih, kalau aku bikin sayur asem, kadang suami lebih memilih makan sayur asem terlebih dahulu, tanpa nasi. Hmmmm...

Eh, kalau mau bikin sayur asem, kamu lebih suka beli sayur yang paketan atau sesuka gue alias seadanya? Yaaa...sayur asem ini kan terdiri dari campuran berbagai macam sayuran, ya. Kadang di kulkas masih banyak sisa sayuran juga. Hayooo...yang mana? Kalau aku lebih memilih beli yang paketan karena lebih lengkap dan murah! 🙊

Ini ngobrol bae, kapan nulis resepnya, ya. Hahaha. Sekarang nulis resep, nih. Resep sayur 

Bahan :
  • 1 bungkus paket sayur asem (biasannya isi jagung, kacang tanah, kacang panjang, waluh, wortel, melinjo, daun melinjo, kobis);
  • 2 lembar daun salam;
  • 2 cm lengkuas, memarkan;
  • 2 butir asem jawa (sesuaikan selera);
  • Garam secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan :
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih 
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt terasi bakar

Cara membuat :
  • Didihkan air, dan masukan semua bumbu;
  • Masukkan jagung dan kacang tanah;
  • Rebus hingga agak matang, baru masukkan syuran lain, masak hingga meresap;
  • Lebih nikmat disajikan dalam keadaan hangat.
Simpel banget buat sayur asem, ya. Kuah sayur asem yang segar itu didapat dari asem jawa. Makanya untuk asem jawa ini bisa disesuaikan mau berapa biji. Kalau suka lebih asem, bisa lagi ditambah 1 butir, ya.

Selamat berbuka dengan yang segar-segar, ya! ❤


You May Also Like

0 komentar

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi