Pingin Jajan Tapi Tidak Cukup Uang? Tenang, Ada #PatunganGampang!

by - April 18, 2019

Semenjak ada dompet virtual, tiap pergi aku jarang bawa banyak uang cash dan ATM kecuali sudah ada rencana beli ini itu yang tidak dapat dibeli menggunakan saldo uang elektronik. Apalagi kalau cuma pergi ke tempat kerja, tidak perlu bawa banyak uang karena paling banter pemakaian uang ya untuk makan. Dan kalau sudah sampai urusan pemenuhan gizi, aku tinggal memanfaatkan uang baik yang ada di aplikasi maupun di e-Wallet




Kemudahan pembayaran seperti ini tentu sangat membantu, khususnya bagi generasi millennials atau mamak dan bapak zaman now yang lebih sering melakukan transaksi melalui online. Asyik-asyik saja, lebih simpel, dan kadang lebih irit jika ada tawaran diskon. Namun kadang bikin malu kalau sampai lupa top up atau isi ulang, seperti yang aku alami beberapa hari yang lalu saat mengajak teman-teman beli jajan.

"Panas-panas gini, enaknya jajan apa, yaaa? " Tanyaku di grup chat yang membernya emang pada doyan makan. "Kali ini aku yang traktir, deh." Aku kembali mengirim chat sebelum ada jawaban dari teman-teman.

"Sekalian pesan makan siang saja, mumpung ada yang traktir, euy!

"Pesanin Seblak, dong!"

"Aku mau yang dingin-dingin, dong!"

"Beliin yang segar-segar mau laaah"



Satu per satu para pemburu kuliner menampakan diri. Busyet, ya, kalau sudah mulai ngobrolin makanan, semua keluar dan pinginnya nitip. Beruntung di group chat yang aku bikin anggotanya terbatas banget. Coba kalau satu kantor masuk semua, sudah seperti orang jualan yang sibuk mencatat pesanan. Hahaha.

Ketika pesanan aku selesai memesan jajan sesuai keinginan mereka, ternyata saldo di GOPAYku sudah tidak limit. Ya, saldo GOPAY Rp 100.000 tidak bisa untuk mengcover jajanan yang telah aku pesan. Ya, aku pakai GO-PAY karena aku memesan jajan di GO-FOOD, salah satu menu di GOJEK yang memungkinkan pada pengguna memesan makanan. Beruntung aku sudah mengupdate aplikasi GOJEK yang banyak memberi keuntungan bagi para pengguna. Rasanya tertolong banget!

Apa, sih, keuntungan update aplikasi GOJEK ke versi terbaru?


Chat feature sesama user

Chat feature merupakan sebuah inovasi baru karya anak bangsa yang belum dimiliki oleh aplikasi sejenis (super app) di Indonesia. Fitur ini memungkinkan kamu untuk chat antar user GOJEK atau bahkan bisa langsung bikin group seperti aplikasi penyedia chat pada umumnya. Seperti yang sudah aku tulis di awal, bahwa aku dapat memesan makanan bareng teman-teman dalam satu group. 

Group yang dibuat di aplikasi GOJEK ini tidak melulu dapat digunakan untuk ngeobrolin makanan, mau ngobrolin apapun bisa sesuai kebutuhan. Seperti aplikasi chat pada umumnya yang bisa digunakan buat ngerumpi, ya. Hahaha. Hanya saja, kalau sudah ngobrolin makanan, wajib banget pindah ke chat GOJEK untuk memudahkan pemesanan makanan.


Kamu dapat menemukan tombol chat di bagian paling bawah aplikasi GOJEK, sebelah tombol pesan atau inbox dengan ikon amplop. Kamu cukup mengklik tombol chat untuk memulai chatting sama semua temen kamu yang ada di phone book dan memiliki aplikasi GOJEK atau teman-teman yang sudah dibuatkan group.

Split-bill feature

Nah, fitur ini yang aku bilang sebagai pertolongan. Iya, disaat sudah koar-koar mau traktir teman-teman, ternyata saldo GOPAY sudah minim. Saldo Rp 100.000 seperti tidak ada nilainya jika digunakan untuk jajan ramai-ramai, kan. Hahaha. Yaudah, setelah aku pesan jajanan, langsung aku bagi tagihannya sama teman satu ruang.

"Gaees, saldoku tidak mencukupi ternyata. Aku bagi bill, ya." Pesan terkirim di group. Kemudian aku memilih fitur request yang aku tujukan kepada dua temanku. Hahaha. Ini niat traktir tapi endingnya malu-maluin, ya. Kabar bahagianya, mereka tidak protes dan langsung menerima request aku, lalu terjadilah Pay! Terbayarlah.



FYI, dalam menghadirkan inovasi ini, GOJEK membawa semangat #PatunganGampang seperti yang aku lakukan. Ya, pengguna GOJEK sekarang bisa ngobrol dengan teman di aplikasi GOJEK dan patungan bayar menggunakan GOPAY dengan lebih mudah.Fitur ini adalah fitur tambahan yang ada di dalam fitur chat, fitur ini yang membuat fitur chat lebih unggul dibandingkan fitur chat sejenis karena memungkinkan pengguna untuk langsung mentransfer uang dalam bentuk GO-PAY kepada temen lain, bahkan bisa patungan sama semua anggota yang ada di dalam group. Jangan lupa, pastikan kalau teman-teman kamu udah upgrade akun GOPAY-nya supaya bisa buat mengirimkan GOPAY.


Fitur split-bill ini terbagi dua, yaitu bisa membagikan total biaya patungan secara bagi rata atau beda-beda. Ini sangat berguna untuk kamu yang melakukan patungan dengan biaya yang berbeda-beda, misalkan kamu koordinasi untuk memesan GO-FOOD dengan menu dan harga yang berbeda-beda dengan teman-teman kamu. Asyik banget, kan. Dan untuk mempermudah perhitungan patungan kamu, GOJEK juga menyediakan kalkulator di dalam fitur split-bill ini. So, kamu tidak perlu khawatir salah hitung. #PatunganGampang

Fitur split-bill juga bisa dijadikan salah satu trik buat nagih uang ke teman, lho. Maksudnya, jika ada teman punya hutang dan mungkin lupa atau alasan lain dan kamu tidak enak hati mau minta kembali uangnya, kamu bisa kirim bill ke dia. Hihihi. NODONG!


Gimana? Kamu suka jajan di GO-FOOD juga, kan? Segera update aplikasi GOJEK yang sudah terinstall di smartphone kamu. Jangan lupa ajak teman-teman yang biasa nongkrong bareng atau jajan bareng untuk install aplikasi GOJEK. Selanjutnya, kamu bisa membuat group untuk jajan bareng lewat aplikasi GOJEK.


Satu hal yang perlu diingat, setelah update aplikasi GOJEK, kamu juga harus upgrade GOPAY supaya bisa saling menerima dan mengirim GOPAY. Selamat jajan ramai-ramai, ya. Jangan lupa bagi bill supaya saldo GOPAY aman. Hahaha


You May Also Like

14 komentar

  1. Wah, tambah asoy nih fiturnya gojek. Pernah beberapakali minta tolong transferin saldo gopay ma teman. Sebelum ada fitu patungan. Bakal sering jajan tanpa keluar rumah ini sih. Qeqeqe.

    BalasHapus
  2. Keren bangeet ini ya gojek. Setelah ada fitur tombol darurat eh ada fitur patungan segala di split bill. Jadi santai deh kalau mau makan bareng2 pakai gopay. Saldo kurang? Bisaa patungan

    BalasHapus
  3. Gojek makin keren aja, aku jadi ingin ditraktir seblak tapi dibayarin...he...3x

    BalasHapus
  4. Hehe sumpah lucu juga ya ini fitur mau jajan bisa patungan kayak gini... Kalau ga jd jajan makan dirumah ya.. Hihi

    BalasHapus
  5. wah menarik ya fiturnya. bisa digunakan buat anak muda yg suka menikmati makanan barena teman. Bahkan ibu2 seperti saya jg bisa karena kan biasanya ibu2 jg suka ngumpul bareng sama teman arisan, wali murid dsb. Chatnya di aplikasi GOJEK lebih seru hehe

    BalasHapus
  6. Nah kalau langsung ada fitur untuk bayar patungan gini kan enaaakk.. ga usah jadi debt collector ke teman2nya. Tinggal kasih hitungan via split bill udah bereeess... masing2 udah tau kewajibannya yak.

    BalasHapus
  7. Mantul nih emamg gojeg.. aplikasi ojeg online andalan saya banget. Banyan Fitur baru yang semakin memperpermudah penggunanya.. aman nyaman dan percaya

    BalasHapus
  8. Boh, ada lagi nih mbak fitur terbaru Go-Jek ya
    Pantas temenku antusias banget pas mau patungan buat beli apa gitu pakai Go-Pay ihiii

    BalasHapus
  9. Hail GOJEK! KEren dah. Selain #UninstallKhawatir sekarang ada juga #PatunganGampang, jadi nggak perlu khawatir habis uang, mesti isi lagi ya kalau belanjaan kita nggak cukup.tfs mbak

    BalasHapus
  10. Cakep nih fiturnya, aku juga mau coba ah kalau jajan pake fitur ini dan patungan hehe

    BalasHapus
  11. Wih kekinian banget fiturnya, eh istilahnya apa ya bukan kekinian .... "kebutuhan" hehehe. Bagus banget fiturnya inih, bisa patungan.

    BalasHapus
  12. keren nih fiturnya...harus segera dicoba nih :)

    BalasHapus
  13. Fitur yang pas buat kita yang suka sharing kalau lagi jalan bareng dengan teman-teman yaaa mba

    BalasHapus
  14. Cocok nih buat komunitas yang lagi kumpul2 ya Dah. Kalo pergi sama Idah aku maunya dijajanin Idah aja ah. Hahahahaha

    BalasHapus

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi