Membandingkan Pemesanan Tiket Bus Secara langsung dan Online

by - Oktober 17, 2018

Teknologi menjanjikan kemudahan bagi aktivitas manusia dalam keseharian. Transaksi perbankan dan belanja pun bisa dilakukan secara online. Bahkan pemesanan tiket kendaraan umum juga dapat ditransaksikan melalui e-commerce. Tidak hanya tiket kereta api, tiket bus kini bisa dipesan dengan mudah melalui jasa marketplace. Kira-kira pilihan mana yang lebih memudahkan, apakah memesan tiket langsung atau secara online?



Memesan Tiket Bus Secara Langsung 

Dua dasawarsa lalu, saat teknologi internet belum menjamur seperti sekarang segala sesuatu aktivitas jual beli dilakukan secara langsung, eye to eye. Pembeli dan penjual harus bertemu di suatu tempat entah itu pasar, kios atau toko. Membeli tiket bus jurusan jarak jauh harus dilakukan di kantor perwakilan perusahaan otobus atau travel. 

Pemesanan tiket zaman dahulu masih manual, konsumen antri di loket, mengajukan terminal atau kota tujuan perjalanan dan posisi tempat duduk yang diinginkan (apakah di bagian depan, tengah atau belakang barisan bangku. Di sisi sebelah kiri atau kanan kendaraan) kemudian membayarkan sejumlah uang dan menerima tiket bus berupa lembaran kertas yang harus disimpan baik-baik. Lembaran tiket ini nantinya akan diperiksa kondektur saat penumpang naik dari terminal asal. Dan biasanya juga berguna sebagai kupon makan bagi penumpang bus untuk perjalanan jarak jauh yang memberikan layanan makan di rumah makan tertentu. 

Antre, menunggu dan keluar rumah untuk memesan tiket mungkin menyita waktu. Tetapi bagi yang senang travelling, cuci mata dan bertemu orang lain kegiatan ini mungkin sangat mengasyikkan. Bisa berbincang dengan orang yang ditemui di kantor pemasaran tour dan tiket atau terminal. Terkadang ide menulis puisi, cerpen juga bisa diperoleh dari pengamatan dan perenungan di terminal. Bagi para pelancong backpacker mendapatkan tiket bus di menit-menit terakhir menjelang keberangkatan tentu sangat menguntungkan sebab beberapa perusahaan otobus terkadang menjual tiket lebih murah menjelang jam keberangkatan dengan tujuan agar tidak merugi. 

Memesan Tiket Bus Secara Online 

Kini teknologi jauh lebih maju dan menguntungkan manusia dalam bertransaksi. Travelling juga lebih mudah karena keperluan akomodasi dan transportasi bisa dilakukan secara online, awalnya pemesanan tiket pesawat dan kereta api yang bisa dilayani dengan bantuan jaringan internet. Kemudian pemesanan tiket bus menyusul kemudian bisa dilakukan secara online.

Memesan tiket secara online saat ini dinilai lebih menguntungkan sebab konsumen tak perlu keluar rumah dan antri untuk mendapatkan tiket kendaraan umum sesuai tujuan perjalanan. Calon penumpang tetap mendapat keleluasaan memilih tempat duduk yang tersisa. Sistem pemesanan tiket kendaraan umum melali bukapalak.com memungkinkan calon konsumen memesan tiket perjalanan dari terminal asal hingga ke terminal tujuan dari beberapa pilihan perusahaan otobus.

Calon konsumen juga bisa menelusuri tiket transportasi berdasarkan harga, tentu sangat menyenangkan bukan. Tanpa menelepon beberapa perusahaan otobus untuk menanyakan harga tiket, tinggal klik bukalapak.com dan membuka bagian: tiket-bus dan memilih menu urutan berdasarkan harga termurah maka tampilan pilihan pembelian tiket akan diurutkan berdasarkan harga termurah. Memesan tiket kendaraan umum secara online lebih praktis sebab calon konsumen tidak perlu khawatir tiketnya rusak atau hilang. Booking tiket akan dikirimkan secara online melalui email.

Sistem pembayarannya juga bisa dilakukan dalam beberapa pilihan seperti bayar tunai, melalui loket di minimarket tertentu atau transfer melalui ATM. Berencana bepergian dalam waktu dekat? Jangan lupa memesan tiket bus melalui Bukalapak.com. Tiket bisa diperoleh sambil bersantai. Ucapkan selamat tinggal antrian.

You May Also Like

1 komentar

  1. Besok aku ke Banjarnegara, sabtu suami ke Surabaya. Hahhaaa, suami istri pisah kita sementara. Tapi suami udah beli tiket online sih, jadi aku santai aja ninggal pergi dia

    BalasHapus

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi