Jember dan Wisata Pantai

by - Oktober 10, 2017

Mbak Wulan, namanya. Kami kenal tiga tahun yang lalu lewat blog. Dia bukan Blogger, melainkan pencari informasi dengan memanfaatkan internet. Browsing istilahnya. Lalu dia menemukan laman blog idahceris.com di mesin pencari, blogku yang saat ini jarang update. 🙈

Lewat kolom komentar, dia bertanya tentang kota yang kini menjadi tempat tinggalku. Dalam komentarnya, dia menyelipkan kontak berupa nomor telephone. Dan aku diminta menjawab pertanyaannya lewat pesan singkat atau telephone. Berniat memberi informasi yang dia butuhkan, aku pun melayangkan pesang singkat kepadanya. Dan ngga menyangka, sampai saat ini kami masih menjalik komunikasi dengan baik.

Mbak Wulan, dia berdomisili di Jember. Tiap ada orang yang menyinggung kota tersebut, ingatanku tertuju kepada Mbak Wulan dan teman-teman Blogger Jember yang super baik. Ada Mbak Prit, Mas Hakim, Uncle Lozz, yang sekarang hampir ngga ada komunikasi dengan mereka. Ada juga Mbak Li, teman baik di grup Embak Cer.

Jika bisa sampai Jember, aku pingin banget kopdar sama teman-teman Blogger dan juga Mbak Wulan. Sebenarnya Mbak Wulan kerap mengajakku untuk main ke Jember, bahkan dia mau mengantarku keliling Jember.

"Ada banyak wisata di sini. Wisata Pantainya bagus-bagus. Main lah ke sini, AKU TRAKTIR!"

Hayoloooh...hari gini ada orang yang ngajak main gratisan dan itu cuma kenal lewat dunia online. Aaah...baik banget, kaaan. Udah gitu, dia juga ngasih gratisan tiket PP, dan penginapan. Ini teman atau jasa biro yang ujung-ujungnya minta diendorse? 😎

Objek wisata Jember memang didominasi dengan pantai, lengkap dengan suasana ombak yang cukup ganas. Oleh karena itulah kini sudah banyak pembangunan hotel di Jember yang mengambil lokasi di pinggir pantai. Ini nih yang menjadi daya tarik pingin ke Jember. 😂

Meskipun tidak semua pantai di Jember berpasir putih, tapi aku percaya bahwa pantai-pantai di sana ngga kalah dengan keindahan pantai yang ada di Bali atau Banyuwangi.

Ini ada empat Pantai yang sering diceritakan sama Mbak Wulan. Aku baru dapat ceritanya saja, dan foto-fotonya dapat dari Mbak Li. 🙊 Lengkap banget, ya. 

Pantai Papuma

Katanya, Pantai Papuma merupakan pantai paling cantik yang ada di Pulau Jawa. Pantai ini memiliki pasir putih dan juga warna air laut biru toska yang begitu jernih. Ngga hanya itu, di pantai ini wisatawan akan menemukan beberapa batu karang yang membat pantai ibu makin indah. 

Uwhh...makin pingin ke sini..
Karena berada di perairan Laut Selatan, keindahan pantai ini juga tak lepas dari beberapa mitos. Salah satunya yaitu keberadaan goa yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat bersemedi seorang Kyai Mataram dan menjadi tempat dimana bersemayamnya Dewi Sri atau salah satu putri ratu selatan. Penasaran apa malah ngeri? Hahaha. 

Namanya juga mitos, ya. Kalau aku mah ngga mempan sama mitos-mitos, gitu. Justeru makin pingin main ke Pantai yang berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Malah pingi menginap di hotel di Jember yang dekat dengan kawasan ini. 😂

Pantai Payangan

Pantai Payangan mungkin menjadi salah satu pantai berpasir hitam yang paling cantik di pulau Jawa. Meskipun memiliki pasir hitam, pantai ini memiliki air laut dengan warna biru gelap yang jernih dan bersih. Daya tarik lain dari Pantai Payangan ini adalah keberadaan bukit-bukit hijau yang cukup tinggi dan mengelilingi pantai. Jadi ingat Pantai Menganti, Kebumen. Sama-sama eksotis perbukitannya.


Pengunjung bisa menaiki bukit tersebut untuk melihat keindahan Pantai Payangan dari ketinggian. Pemandangan yang didapat ngga hanya pantai saja, tapi bisa melihat perahu nelayan yang sedang menepi di sisi pantai karena pantai ini juga merupakan salah satu pantai yang menjadi pusat kegiatan nelayan di Jember. Pantai ini berada di Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

Pantai Teluk Love

Sepertinya ini pantai cukup terkenal setelah Pantai Papuma. Pantai ini cukup unik karena bentuknya persis dengan bentuk hati. Makanya pantai ini diberikan nama Pantai Teluk Love. 

Belakangan ini Pantai Teluk Love mulai terkenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin membuktikan bentuk dari pantai ini secara langsung. Beneran berbentuk love apa ngga. Lokasi Pantai ini berada di ujung paling selatan dari pantai-pantai yang ada di Jember. Bentuk hati akan terlihat jelas jika melihatnya dari atas bukit yang bernama Bukit Domba.

Awwwh...ada bukitnya juga. Makin pingin ke sini, dong!



Sepertinya jika wisata ke beberapa pantai dk Jember bebarengan dengan menyaksikan Jember Culture Festival (JCF) akan terasa lengkap. Apalagi jika teman-teman di Jember lagi ngga sibuk. Uuwh...rezeki banget kayaknya. 😂 Nunggu Yasmin agak gedean dikit lah, siap banget mengajak Yasmin wisata pantai.

You May Also Like

5 komentar

  1. yuk...yuk kita ke Jember Idah, liat JCF

    BalasHapus
  2. Anak kecil biasanya suka kalo diajak ke pantai, bisa mainan pasir :D

    BalasHapus
  3. Ternyata pantai-pantai di Jember gak kalah indahnya ya

    BalasHapus
  4. Pingin jg ke Jember yg terkenal bgt sm festivalnya itu. Skalian ketemu mba Lianny pasti seru jg ya bunda

    BalasHapus
  5. Pantai teluk love unik banget bentuknya ya. Indonesia negri beribu-ribu pantai, tiap daerah pasti punya pantai andalan masing-masing.

    BalasHapus

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi

Activity On Instagram