Tips Agar Si Kecil Tidak Rewel Pada Malam Hari

by - Mei 23, 2017

Mendapati Si Kecil rewel pada malam hari, tuh, sukses membuat orang tua, dan seisi rumah turut bingung. Terlebih, jika masih bayi, anak pertama, dan itu bukan dikarenakan demam. Beuuuh...aku pernah mengalaminya.

Saat itu usia Yasmin sebelas bulan. Aku mengajak Yasmin ke Boyolali untuk menghadiri acara perpisahan teman kantor. Sepanjang perjalanan sampai lokasi, dia cukup menikmati. Pun saat perjalanan pulang, dia lebih tenang karena mungkin sudah capek. Namun sesampainya di rumah, drama mulai terjadi, dan itu tengah malam. 


Memberi ASI, menggendongnya, mengajaknya keluar kamar, menepuk-nepuk pahanya, dan masih banyak cara yang telah kami lakukan supaya dia lebih tenang, dan kembali tidur. Namun sayangnya tidak ada yang berhasil. 

Drama sepulang dari Boyolali pernah aku tulis. Betul-betul membutuhkan tenaga ekstra untuk menangani hal ini. Setidaknya drama tersebut menjadi pelajaran berharga buat kami untuk selalu memperhatikan Si Kecil sebelum tidur malam hari. 

Maka dari itu, sebelum istirahat malam, ada baiknya orang tua memperhatikan kenyamanan Si Kecil. Berikut ada enam tips bayi agar tidak rewel pada malam hari:

😊 Ganti popok sebelum tidur.
Salah satu yang kerap terjadi yaitu tidak nyaman karena popok basah. Masih bayi, dan belum menggunakan popok sekali pakai, jika popok basah pasti bayi tidak nyaman. Dia akan bangun, dan biasanya rewel.

Pastikan sebelum bayi tertidur orang tua sudah menggantinya, karena dalam semalam bayi akan pipis beberapa kali.

😊 Perhatikan baju tidurnya.
Sama hal nya orang dewasa, bayi tidak akan merasa nyaman dengan pakaian yang ketat karena membuat bayi kurang bebas gerakannya. Makanya, orang tua harus memastikan baju tidur yang dikenakan cukup menghangatkan tubuh, namun jangan terlalu tebal. Bisa jadi, bayi merasa sumuk, dan itu akan timbul masalah lagi. Bahan katun bisa menjadi pilihan karena lebih adem.

😊 Perhatikan suhu ruangan.
Jagalah kebersihan tempat tidur, pastikan suhu ruangan pas, tidak panas dan juga tidak dingin. Ada baiknya tidak menggunakan AC atau kipas angin secara berlebih, karena dikhawatirkan bayi kedinginan.

😊 Segera hampiri jika terbangun.
Tentu bayi ada alasan tertentu saat terbangun di malam hari, segeralah menghampiri bayi ketika terbangun atau menangis. Seringkali bayi yang menangis, dan tidak segera dihampiri, dia merasa jengkel. Dan kadang tangisannya akan susah berhenti.

😊 Perhatikan kebiasaan Si Kecil.
Yasmin punya kebiasaan tidur tanpa selimut. Ini berlaku juga saat tidur malam. Sedingin apapun, dia tidak nyaman memakai selimut. Dan kalau aku memaksakan untuk menyelimutinya, Yasmin tidak akan nyenyak tidur. Selimut terus dipancal. Makanya, memperhatikan kebiasaan si kecil itu penting.


Mengurus bayi memang bukan perkara yang mudah, ya. Orang tua harus aktif dalam hal apapun. Termasuk aktif mencari informasi mengenai permasalahan, atau tips-tips bayi. Salah satu contohnya adalah tips di atas.

Jika si kecil tidur nyenyak, orang tua pun turut nyenyak tidurnya. Iyaa kan, BuIbuuuuu? ^-*

You May Also Like

1 komentar

  1. intan rewel kalau kerasa lapar.kadang kebangun terus nenen. masih nggak mempan aku kasih maem lagi.hahaha...

    BalasHapus

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi

Activity On Instagram