Ketika Jasmine Hanya Mau Makan Nasi

by - April 26, 2017

Si Kecil melakukan aksi gerakan tutup mulut, emaknya sedih. Si Kecil hanya mau makan tiga suapan, emaknya sedih lagi. Si Kecil cuma doyan nasi, emaknya bingung. Yasalaam...betapa asyiknya hidup ini, ya. 😜😜

Moment melihat Si Kecil makan dengan lahap adalah salah satu kebahagiaan bagi orang tua, khususnya Ibu. Bahagianya kadang melebihi kebahagiaan pas tanggal muda. Asli. Ya kaaan, BuIbu?😊

Tapi, ketika meliha Si Kecil lahap makan tanpa lauk, gimana perasaan BuIbu? 😂 





Jasmine sedang menikmati masa-masa ini. Masa-masa yang hanya mau makan nasi, tanpa lauk. Nasi beserta lauknya aku taruh di piring, kemudian dia makan sendiri. Tapi yang dimakan hanya nasinya dowang, lauknya dibiarkan utuh. Yaudah, aku coba untuk potong-potong telur, dan sayur yang saat itu menjadi lauknya. Namun ngga juga dimakan.

Haruskah aku paksa? Noooooo!

Aku mencoba untuk menyuapinya dengan menyelipkan lauk di dalam nasi. Dan yang terjadi adalah dilepehkan. 😂😂 Akhirnya kubiarkan dia kembali makan sesukanya. Ngecemal-cemil, gitu. Lahap, sih, kalau tanpa lauk. Tapi masak makan karbo dowang. Pengasuh utama, Mbah Uti, baik-baik saja. Karena baginya ngga masalah. Karena setelahnya, Jasmine biasanya akan minum jus, susu, dan camilan.


Mbah Uti baik-baik saja, tapi Ibunya putar otak maksimal. 😂
A post shared by CERIS Family (@cerisfamily) on


Si Kecil hanya mau makan nasi, komentar paling renyah dan simpel: untung masih mau makan, ngga tutup mulut, menolak disuapi, atau ngga doyan makan. Tapi, bagaimana dengan kebutuhan gizi si kecil? Apakah sudah terpenuhi? Apakah sudah sesuai dengan angka kecukupan gizi si kecil? 😂

Ibu kembali lagi putar otak, pelan-pelan tapi maksimal. 😄

Yang jelas karena aku bukan ahli gizi, aku ngga bisa ngomongin kebutuhan gizi lebih detail. Mending ambil pengetahuan umum saja, bahwa makanan yang bergizi adalah makanan yang di dalamnya terdapat unsur empat sehat, lima sempurna. Terlebih buat si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Ya kaaaan? 😂

Yaudah, makin mengerucut saja, ya. Ngga usah PANIK, apalagi BAPER.

Kukus lah sayur-mayur, tempe, tahu, ikan,telor atau lauk lainnya. Haluskan atau blender lauk apa saja yang akan diberikan untuk si kecil. Setelahnya, dicampur dan dimasak bareng nasi.

Gimana? Apakah sudah sesuai dengan kecukupan gizi si kecil? 😂😂

Di usianya sekarang, lima belas bulan, Jasmine sekarang makin banyak beraktifitas. Tentu kebutuhan energinya makin banyak juga. Angka Kecukupan gizi yang dibutuhkan pada si kecil, umumnya dengan mengkonsumsi 2000 kkal. Nah, kalau sudah sampai sini, orang tua bakal puyeng pisan. Apalagi Ibu muda sepertiku yang masih minim dengan pengetahuan nilai gizi pada pangan. 😂

Lagi-lagi, simpel saja lah, ya. Terpenting empat sehat, lima sempurna, buat si kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya. 😊

You May Also Like

13 komentar

  1. Semangat mama Idaaah.. yasmin lagi mengeksplorasi makanan yang dia suka yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, Maam. Semoga gitu, ya. Hihihi

      Hapus
  2. lucu juga ya hanya makan nasi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih tauuu. Bukan lucu. Fufufufu

      Hapus
  3. Meskipun sedikit yang penting empat sehat lima sempurna. Jangan dipaksa tapi temukan caranya kak.

    BalasHapus
  4. huaaaa Ida, Faraz dari dulu GTM, sekarang sih udah mulai makan, apa aja pengennya dimakan pake kecap :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeh, suka kecap, ya. Terpenting mau makan ya, Mbak. Hihihi

      Hapus
  5. Kalau sulungku kebalikan.
    Maunya cuma roti lagi ... roti lagi,
    Sampai akhirnya kelas 4 SD, sempat dirawat di rumah sakit. Dan di sana terpaksa makan dengan Nasi.
    Pulang dari RS ... Makannya jadi porsi abang becak! (rupanya baru terasa nikmatnya makan nasi)
    hahaha

    Salam saya Idah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, ada hikmah dibalik musibah ya, Om. Hihihi

      Hapus
  6. semangaaaattt, memang ini seninya membesarkan buah hati yah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneer bangett, mbak. bikin hidup makin berwarna. Hihihi

      Hapus
  7. Fira pernah tu mengalami masa makan hanya nasi. Aku biarin, karena kalau dipaksa malah nanti muntah dan dilepeh, trus anaknya trauma. Tapi aku tetep sodorin lauk di wadah yang berbeda, ada sih beberapa yang dicamili. Jasmineee semangaaat yaak

    BalasHapus

Activity On Instagram