Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Traveling di Dalam Kota

by - September 30, 2016

Perlengkapan Traveling bayi yang hendak dibawa, erat kaitanya dengan jenis wisata beserta destinasinya. Dengan tahu tujuan wisatanya, minimal Si INEM, kepala suku rempong-rempong bahagia, bisa nyiapin perlengkapan buat si Princess! Hihihi 

Bayi yang aku maksud di sini bukan bayi yang baru lahir jebrol. Melainkan bayi yang usianya enam bulan sampai dua belas bulan. Yang mana pada usia tersebut si kecil belum bisa gabung untuk kebutuhannya, baik dengan orang lain, maupun sesama bayi. Kecuali kalau memang sudah mefeeet biyaangeets.

"Boleh minta tisu basahnya, Buk? Saya lupa membawanya". Seperti itu, misalnya. Perlengkapan yang tidak individu banget macam pakaian.

Lalu, apa saja perlengkapan bayi yang harus dibawa saat traveling dalam kotaBerikut 8 paket yang harus dibawa, yaitu:

1. Pakaian Ganti

Paling penting adalah membawa pakaian. Entah destinasinya mau darat atau laut, namanya pakaian ganti itu penting. Ini digunakan bila memang si kecil harus ganti pakaian. Biasanya perlu ganti karena pakaian yang dikenakan basah. Ketumpahan air atau terjadi kemungkinan buruk pada si kecil. Gumoh, misalnya. 

Satu set baju ganti lengkap dengan dalamannya. Persiapan lebih penting ya, Buk. Ketimbang beli baju di tempat. Karena bisa mengurangi jatah beli jajan. Hahahaha


2. Peralatan dan Perlengkapan Makan

Ini sebenarnya alternatif. Tapi, bagiku tidak. Menjadi keharusan kemana saja pergi bersama Jasmine harus membawa peralatan makan. 

Bukan karena sok higienis atau apalah apalah, tepatnya supaya tidak bingung ketika akan memberi makan. Peralatan yang dibawa tidal banyak, kok. Hanya mangkuk, sendok dan gelas. Makanya, mending bawa, kan? Ringan banget!

Sebagai tambahan, perlu juga bawa celemek, ya. Sebelum genap satu tahun, kadang si kecil belum bisa makan sendiri. Makan disuapin Ibu saja masih suka blepotan, yaaaa. Hahahaha

3. Makanan dan Minuman

Entah itu bubur siap saji, atau bukan, ada baiknya mempersiapkan makanan untuk si kecil. Jika sudah waktunya makan, orang tua makan, si kecil pun bisa ikut makan. Nikmat banget, kaaaan? Apalagi kalau membawa bekal sendiri. Emmhh...enaknyaaa!

Minuman yang di bawa adalah air putih.  Air putih yang panas untuk mencairkan bubur dan air minum.

Karena Jasmine masih minum ASI, jadi air putih hanya dia minum setelah makan. Selebihnya, jika merasa haus, aku memberinya ASI. Maklum, aku tipe Ibu yang siap memberi ASI dimana saja dan kapan saja, asal anak dalam dekapanku.

Semisal malas membawa air minum dari rumah, mampirlah ke minimarket yang sekiranya dilewati saat perjalanan. Alfamart adalah salah satu mini market yang banyak dijumpai. Mini market yang saat ini sudah tersebar sampai pelosok desa. Mini market yang menyediakan berbagai macam produk kebutuhan keluarga.

Produk Alfamart berupa air minum ini sering ada promo, lho. Beli dua gratis satu, misalnya. Ini hobi para Emak-emak bangeet pokoknya. Tahu ada promo, langsung seeeerbuuuu!

4. Toiletries

Ada apa saja di sini? Kebutuhan si kecil dalam hal ini yaitu tisue basah dan juga digunakan untuk membersihkan hadast, baik kecil maupun besar.

Perlengkapan lain seperti shampo, sabun, handuk, bisa kamu bawa bila destinasi wisatanya yaitu wisata air. Toiletries yang ini sangat dibutuhkan. Namun, jika tujuan wisatanya hanya ke taman rekreasi, cukup membawa tisue kering dan tisu basah saja.

5. Cloth Diapers atau Popok Sekali Pakai

Clodi atau Pospak. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan. Tapi, kalau pergi-pergi, bayi berusia di atas enam bulan lebih aman menggunakan Pospak untuk kepraktisan bila poop.

Bawalah minimal 2 buah clodi atau pospak untuk berjaga-jaga. Misal kamu sampai lupa membawanya, ini tidak begitu fatal karena bisa dibeli di mini market. Salah satu mini market yang menyediakannya yaitu Alfamart.

Ini lagi-lagi ALFAMART, ya. Hahaha Ya...mau gimana lagi, soalnya segala macam kebutuhan bisa dibeli di sini, sih, ya.


Kamu bisa memilih berbagai merek popok sekali pakai yang disediakan oleh Alfamart. Apalagi, untuk produk Alfamart berupa pospak sering ada promo dan potongan harga.

Ibu mana yang mampu mengabaikan diskon pospak, sih? Jika ada promo pospak, kadang aku memanfaatkan dengan MAKSIMAL. Hahahaha. Mumpung lah, yaaaaa.

6. Handuk

Jika pilihan destinasinya yaitu kolam renang, handuk wajib banget dibawa. Wisata air yang mengharuskan untuk mandi, harus membawa handuk.

Tapi, tidak ada ruginya bila traveling ke taman, atau wisata alam, edukasi, membawa handuk. Karena handuk ini dapat dimanfaatkan untuk lap keringat si kecil. Lebih ramah lingkungan, tidak memakai tisue. 

7. Alas Duduk

Kemana saja tujuan wisatanya, ada baiknya membawa alas duduk. Minimal banget koran.

Tapi, jika si kecil masih suka merangkak, mending membawa tikar. Lebih aman dan nyaman karena ukurannya lebih lebar. Selain itu, satu keluarga bisa ada dalam satu tempat, menyatu. 

Ini kalau di atas tikar ada gorengan pisang enak bangeeett iniiih! Hahahaha

8. Bantal

Bantal befungsi sebagai pengaman kepala. Yups, bukan hanya helm, bantal pun demikian.

Jika si kecil sampai ketiduran, biarkan dia tidur sejenak asal cuaca mendukung, tidak hujan. Si kecil berasa bobok di rumah dengan pakai bantal.

Sementara si kecil bobok cakep, Ayah sama Ibu bisa berduaan, dooooong. Sharing, atau melakukan hal lain yang bermanfaat.

Naaaaah, apakah BuIbu punya tip, kira-kira apa saja perlengkapan bayi yang harus dibawa saat traveling di dalam kota? Tentunya selain yang sudah kutulis di atas dan selain Minyak Telon dan Payung! Hihihihi

You May Also Like

0 komentar

Activity On Instagram