Tip Agar Jahitan Pasca Melahirkan Cepat Kering

by - Februari 10, 2016

Tip Agar Jahitan Pasca Melahirkan Cepat Kering - Aku sangat mengidamkan, berdoa, terus meminta kepada Tuhan supaya bisa melahirkan secara normal. No operasi! Tiap Ibu pasti mendambakan si baby bisa lahir secara normal. Iya, kan? Apalagi jika didukung dengan kondisi Ibu sehat segar bugar, pun dengan bayinya. Uwh...tentunya ingin merasakan nikmatnya melahirkan dari jalan lahir. Merasakan perjuangan menjadi seorang Ibu yang benar-benar luwaaarbiyasaah!



Nah, kalau Ibu sudah melahirkan secara normal, ada beberapa hal yang pasti ditanyakan sama kerabat, tetangga, teman dan juga mantan. Salah satunya pertanyaan berikut!

"Berapa jahitan?"
"Emmmm...Ratusan!!!"

"Huuuh....Lebiiiih!!!!" Hahaha...ngikutin iklan Tango.

Jahitan memang bukan menjadi masalah utama pasca melahirkan. Karena ada perjuangan yang lebih dari ini. Pemberian ASI bagi bayi, misalnya. Namun jahitan pasca melahirkan tak kunjung kering membuat Ibu ngga nyaman. Bahkan, bisa mriyangi alias bikin panas dingin meriyang. 🙊

Berdasarkan pengalamanku nih, ya. Pasca melahirkan, beberapa jahitan di jalan lahir benar-benar bikin aku pingin nangis jika hendak ke kamar mandi. Nyeri, ngilu, perih. Yang jelas, ngga ada campuran mocca atau karamel yang bisa bikin bahagia. 🙈

Beruntungnya, kepedihan yang teramat itu hanya aku rasakan dalam waktu 7 hari. Lamaaaa, yaaaaaa! Huuuuuhaaah! Aku merasa lama tapi beberapa temanku yang pernah punya pengalaman serupa mengatakan ngga lama. Yaudahlah...lama ngga lama yang jelas sekarang udah bisa diajak naik gunung lagi. *oke* *ajak aku csmping, Bang*

Untuk catatan pribadi dan sekalian berbagi, kutulis tip agar jahitan pasca melahirkan cepat pulih. Siapa tahu bermanfaat, ya.

1. Jangan banyak bergerak
Posisi masih di Rumah Bersalin, kamu ngga usah banyak jalan. Saat itu, nikmatnya jahitan memang belum terasa. Kamu bisa jalan dengan baik dan benar. Tapi, sehari atau dua hari? Kalau kamu terlalu banyak jalan, ini bisa menjadikan jalan lahir bengkak dan juga jahitan ngga kering-kering karena sering terjadi gesekan sana-sini. Jadi, jangan banyak melakukan aktifitas, ya. Serahkan semua pekerjaan kepada suami atau kerabat.

2. No Lembab!
Selama masih menggunakan pembalut, rajinlah menggantinya jika udah ngga nyaman. Jangan menunggu penuh, karena bisa banget menjadikan mrs. v lembab. Alhasil, jahitan susah kering, dong. Aku sendiri, tiap kali habis buang air kecil sudah ngga nyaman pakai pembalut yang dipakai sebelumnya, harus ganti. Apalagi pembalutnya, kan, pakai pembalut nifas, tuh. Beuuh, gampang lembab.

3. Sering olesi betadine
Nyrrr...lagi perih-perihnya, diolesi betadine. Apa hasilnya? Luka jahitan akan cepat kering! Seriyes! Ngga usah ragu untuk rajin mengoles betadine pada daerah jahitan setelah buang air kecil. Ya, tiap kali buang air kecil dilap sampai kering, lalu olesi dengan betadine. 

Aku mengolesinya dengan bantuan kain kassa. Betadine dioles ke kain kassa, kemudian tempelkan ke mrs. v. Biarkan menempel pada celana dalam selama lima menit. 

4. Air daun sirih
Tip yang satu ini aku dapat dari Mbak Erna, seorang Ibu dengan 3 anak. Tetangga depan rumah.

Tiap kali hendak mandi, terlebih dahulu merebus daun sirih sampai air mendidih. Setelahnya, rebusan air digunakan untuk berendam. Bisa ngebayangin, kan? Hahaha Berendam di dalam bak atau apalah dengan air sirih ini nikmaaaaat banget. Semriwiiing wing wing. Hahaha

Empat tip agar jahitan pasca melahirkan cepat pulih ini berdasarkan pengalaman pribadi. Teman-teman punya tip lain? Share saja di kolom komentar, ya. Siapa tahu bermanfaat. 

You May Also Like

2 komentar

  1. belum tahu aku caranya merawat jahitan kalau melahirkan normal

    BalasHapus
  2. minum obat kapsul namany pianghong kayaknyaa sama maem iwak kutuk

    BalasHapus

Haai...maaf kalau aku ngga balas komentar kalian, ya. Tombol balas komentar belum bisa difungsikan. Hihihi

Activity On Instagram