Presentasi Bokong Pada Usia Kehamilan ke 28 Minggu

by - November 11, 2015

Presentasi Bokong atau yang lebih kerap dosebut dengan Sungsang pernah aku amali pada usia Kehamilan ke 28 Minggu.

Awal bulan Nopember, tepatnya tangga 02 Nopember 2015, aku kembali melakukan pemeriksaan rutin kehamilan di Polindes Desa.

Ketika ditanya tenyang keluhan, aku baik-baik saja. Ngga merasa ada sedikit pun rasa yang berbeda di usia kehamilan yang ke 28 minggu.

Tekanan darahku yang cenderung rendah, kali ini mulai normal pada angka 100/70. Tapi, yang bikin aku cukup sedih yaitu berat badanku yang turun sampai 2 kg. Semula 64 kg, menjadi 61 kg. Aku was was. Cemas dengan kondisi Veta. Apakah dia juga turun berat badannya? Itu yang terlintas dalam otakku saat itu.

"Mbak, besok kalau bisa USG, ya. Ini sepertinya sungsang."

Panik. Mendengar kata sungsang atau dalam keterangan letak janin tertulis PRESBO (Presentasi Bokong), aku ngga bisa banyak berkata.

Tinggi fundus pada usia ke 28 minggu 27 cm dengan detak jantung rata-rata 140 x/m. Normal dan sehat anak Ibu. Hanya saja, letak janinnya yang membuat Ibu ngga bisa tidur semalam. :)

Aku diminta Bu Bidan untuk tidak terlalu cemas, karena bayi dalam keadaan sehat. Begitu pun dengan suami. Tapi, entah kenapa aku tetap saja mengkhawatirkan my PiPo. 

"Nanti perbanyak sujud ya, Mbak. Untuk membantu bayi agar posisinya normal dengan presentasi kepala atau Preskep." Begitu saran dari Bu Bidan. Saat itu juga, aku belajar sujud khusus Ibu Hamil. 

You May Also Like

0 komentar

Activity On Instagram