BumBum Periksa HB dan HBsAG di Puskesmas

by - Agustus 14, 2015

"Mumpung usia kandungan masih pada semester pertama, segera cek HB di Puskesmas ya.Usai memeriksa kehamilanku yang saat itu berjalan 8 minggu, Bu Indri, Bidan Desa menganjurkanku untuk segera mengecek kadar HB dan HBsAG.

Cek HB dan HBsAG pada Ibu Hamil dilakukan dua kali. Yaitu pada tri semester pertama dan tri semester ke tiga.

Sebelum sampai di Puskesmas Madukara I, aku memilih untuk cek HB di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banjarnegaa, atau yang sekarang telah berganti nama menjadi Rumah Sakit (RS) Hj. Lasmanah Sumitro Kolopaking. Pertimbanganku, sekalian jalan ke tempat kerja. Karena, RS tak jauh dari kantor tempatku bekerja.

Sesampainya di RS, antrean untuk poli kandungan dan juga lab puanjangnya bukan kepalang. Hahaha Aku konfirmasi kepada bagian pendaftaran, ternyata antrean sudah mencapai 30 orang. Padahal, saat itu (14/07), jarum jam yang pendek mengarah pada angka 8. Ya, baru jam delapan!

Tanpa berpikir lama, aku langsung telephone Orangtua. Minta tolong untuk cek antrean di Puskesmas. Setelah ditengok, antrean ngga banyak. Hanya 5 orang. *Yaiyaalaaah...yang periksa ke RSUD kan orang se Kabupaten, Bum. Payah banget BumBum, ah!*

Pemeriksaan HB dan HBsAG di Puskesmas ngga seribet yang aku bayangkan. Aku yang saat itu datang ditemani Ibu, langsung menuju bagian pendaftaran, kemudian antre di depan poli Klinik Ibu dan Anak (KIA).

Aku menunggu kurang lebih satu jam sampai namaku dipanggil oleh Ibu Bidan. Di ruan periksa, tensiku dicek. Hmmm...lagi-lagi  tensi BumBum rendah, Nak. 90/60.

Selesai diperiksa oleh Bu Bidan, aku diminta untuk ke laborat. Ya, untuk cek kadar HB dan HBsAG, aku harus ditujes dahulu dilengan atas oleh Bu Bidan yang masih muda. Eh, lengan atas atau mana, ya. Ahahaha *BumBum pelupa*


 

Hasil cek HB harus ditunggu, ngga bisa langsung diketahui kadarnya. Kurang lebih sepuluh menit, hasil pemeriksaan HBku keluar. Dan alhamdulillaah, kata Bu Bidan HBku normal, yaitu 11.2 g %. Sedangkan HBsAGnya negatif, bagus. 

Aku sempat was was saat menuju laborat. Sebab, tekanan darahku selalu rendah. Takut kalau berpengaruh pada HB. Tapi, alhamdulillaah ngga. BumBum bahagia banget lho, Nak. ;) 


Kadar Hemoglobin normal yaitu, untuk pria dewasa 13-17 g %, wanita tidak hamil 12 g %, wanita hamil 11 g %.

Sedangkan tentang HBsAG, ada dua hasil periksa, yaitu positif dan negatif. HBsAg merupakan petanda serologik infeksi virus hepatitis B pertama yang muncul di dalam serum dan mulai terdeteksi antara 1 sampai 12 minggu pasca infeksi

HBsAg positif yang persisten lebih dari 6 bulan didefinisikan sebagai pembawa (carrier). Sekitar 10% penderita yang memiliki HBsAg positif adalah carrier, dan hasil uji dapat tetap positif selam bertahun-tahun. 

Aku membaca keterangan di atas pada situs online kesehatan. Lalu, apa tujuan periksa HB dan HBsAG untuk Ibu Hamil? Nanti aku tulis pada posb blog terpisah, ya. 

You May Also Like

0 komentar

Activity On Instagram